Merek AC Terbaikmu Tidak Dingin, Berikut Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Rabu 17-07-2024,09:01 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA -  Untuk menjaga suhu di dalam ruangan supaya selalu terasa sejuk dan dingin, maka dibutuhkan merek AC terbaik.

Tetapi, apabila merek AC terbaik yang kamu miliki mengalami kerusakan dan tidak bisa mendinginkan ruangan secara maksimal, itu akan menjadi suatu hal yang sangat mengkhawatirkan.

Berikut penyebab merek AC terbaik kamu tidak dingin :

1. Pengaturan remote AC kurang tepat

Apabila kamu salah mengatur modenya, maka hal tersebut bisa mengakibatkan udara yang keluar dari merek AC terbaik tidak bisa dingin. Untuk mengatasi hal ini kamu harus atur mode pada remote AC di mode auto atau mode cool.

BACA JUGA : Ruangan Panas, Simak 5 Penyebab Outdoor Merek AC Terbaik Mati Tak Berfungsi

Dengan demikian , hembusan udara sejuk yang dihasilkan oleh AC akan jadi lebih kencang dari sebelumnya. Selain itu, kamu juga bisa mengatur fan atau kipas AC di level yang maksimal agar angin yang di hembuskan oleh AC bisa lebih kencang.

2. Kapasitas AC tidak sesuai luas ruangan

Kapasitas pendinginan AC tentu mem punyai perbedaan di setiap ruangannya. Apabila kamu tidak menyesuaikan kapasitas pendingin an nya dengan ukuran luas kamar kamu atau ruangan kamu.

Maka bisa jadi hal tersebut mengakibatkan AC kamu jadi tidak dingin, meski AC sudah dicuci dan dirawat. Misal apabila kamu mem punyai ruang kamar yang berukuran 3x3 m2, sebaiknya gunakan AC dengan daya 1/2 PK.

Sedangkan apabila ukuran kamar kamu sekitar 6x6 m2, kamu bisa gunakan AC 2 PK.

BACA JUGA :  Jangan Diabaikan, Berikut 5 Penyebab Merek AC Terbaik Bau Tidak Enak

3. Tekanan Freon AC kurang

Freon berperan sebagai bahan pendingin seperti  yang dipakai pada AC dan kulkas. Oleh sebab itu, freon yang ber kurang atau habis, bisa menjadi penyebab AC jadi tidak dingin . Freon hanya butuh diisi sekitar 4 sampai 5 tahun sekali saja.

Tetapi apabila freon AC sering kamu isi, mungkin terdapat penyebab yang lain misal seperti pipa freon yang mengalami patah atau bengkok sehingga bisa mengakibatkan freon AC kamu bocor.

4. Kompresor AC Rusak

Kompresor AC yang mengalami rusak bisa me njadi penyebab AC tidak dingin. Sebagai komponen yang utama di AC , kompresor berperan mengatur sirkulasi freon dari unit AC outdoor menuju indoor lalu kembali lagi ke outdoor.

Kompresor yang usianya sudah tua bisa mengalami karat yang menyebabkan terjadinya kebocoran pada kompresor itu sendiri. Selain itu, kompresor ac yang terlalu tinggi juga bisa mengakibatkankomresor jadi mudah panas dan rusak .

Hal ini me nyebabkan kompresor AC akan lebih sering berhenti untuk mendinginkan suhunya.

Supaya bisa berfungsi kembali dengan baik , maka kompresor harus diganti dengan kompresor yang baru sesuai kapasitasnya. Apabila ternyata usia AC kamu sudah lebih dari 10 tahun, kamu bisa langsung ganti unit AC outdoor supaya lebih hemat.

BACA JUGA :  6 Tips Merawat Merek AC Terbaik Jenis Split Rumah Agar Mesin Tetap Optimal

5. Bersihkan dan service AC dengan rutin

Supaya merek  AC terbaik  kamu bisa berfungsi dengan baik, kamu wajib secara rutin melakukan p embersihan terhadap komponen AC seperti evaporator indoor atau pun kondensator outdoor.

Evaporator merupakan komponen mesin AC yang ber fungsi untuk menyerap udara panas di dalam ruangan ke luar ruangan dengan menggunakan media pendingin sebagai perantaranya.

Apabila evaporator tersebut kotor, maka akan men yebabkan penyerapan panas tidak bisa maksimal karena sirkulasi nya terhalang oleh kotoran yang menempel.

Agar bersih, kamu bisa bersihkan filter indoor minimal 1 minggu 1 kali dengan cara membuka tutup indoor di bagian atas, dan ambil filter udara nya lalu cuci filter tersebut me makai sabun detergen. Apabila sudah di keringkan lalu bisa kamu pasang kembali.

Tetapi apabila kamu khawatir jika melakukan p embersihan itu sendiri , kamu bisa p anggil tukang service AC untuk membantu. Jangan lupa kamu lakukan service perawatan AC minimal 3 atau 2 bulan se kali, supaya AC kamu terawat dengan baik.

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi merek AC terbaik yang tidak bisa dingin. Semoga bermanfaat! (*)

Kategori :