7 Tips Merawat Merek Kulkas Terbaik 2 Pintu Agar Tidak Mudah Rusak

Rabu 17-07-2024,08:18 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Dari berbagai macam merek kulkas terbaik yang ada di pasaran , kulkas yang memiliki 2 pintu masih banyak diminati oleh masyarakat .

Apabila kamu merupakan salah satu orang yang mempunyai merek kulkas terbaik 2 pintu, maka pastikan kamu mengetahui cara merawat kulkas dengan benar agar bisa awet digunakan.

Salah satu ke lebihan dari merek kulkas terbaik 2 pintu ada pada ukurannya. Ukuran kulkas yang memiliki 2 pintu lebih besar dibandingkan dengan kulkas yang hanya mempunyai 1 pintu .

Sehingga kapasitas cooler dan freezer kulkas juga akan lebih besar. Merek k ulkas terbaik 2 pintu sangat cocok bagi kamu yang setiap harin ya menyimpan bahan makanan dan minuman dengan jumlah yang banyak.

Dalam pe makaiannya , ter kadang merek kulkas terbaik juga bisa mengalami masalah. Maka dari itu penting untuk memahami cara merawat kulkas supaya awet.

BACA JUGA :  5 Rekomendasi Merek Kulkas Terbaik SHARP 1 Pintu Beserta Keunggulannya

Berikut beberapa masalah yang dapat terjadi pada kulkas 2 pintu :

1. Kulkas tidak dingin

Penyebabnya bisa karena terdapat kebocoran pada refrigerant, kompresor yang rusak, listrik yang tidak masuk ke dalam kompresor, kulkas yang tidak tertutup dengan rapat, dan masalah lainnya .

2. Freezer dingin t et api tidak merata

Masalah ini dapat terjadi sebab aliran refrigerant tidak berjalan dengan lancar. Beberapa penyebab yang mungkin terjadi yaitu karena tersumbatnya sistem refrigerant, kompresor mengalami masalah, kekurangan oli, evaporator yang kotor, dan lain sebagainya.

3. Freezer dingi n te tapi tidak maksimal

Biasanya hal ini ditandai dengan es yang ada di dalam freezer yang jadi mencair dan tidak dapat membeku lagi. Beberapa hal yang menjadi penyebabnya adalah terlalu banyak beban di dalam freezer, evaporator kotor, pengatur suhu megalami kerusakan, overload yang rusak, dan lain-lain.

4. Kulkas mati total

Masalah in i terjadi ketika se luruh komponen kulkas mati dalam waktu yang bersamaan. Penyebabnya biasanya yaitu terdapat masalah di kabel atau fuse sehingga membuat aliran listrik tidak bisa masuk ke komponen yang ada di dalam kulkas.

BACA JUGA :  5 Tips Ampuh Merawat Merek Kulkas Terbaik LG

Berikut tips merawat merek kulkas terbaik agar tidak mudah rusak :

1. Hindari memasukkan minuman yang panas

Memasukkan minuman yang panas ke dalam kulkas dapat memperburuk k o n disi di dalam kulkas. Sebaiknya tunggu s hingga suhu pada minuman turun atau setara dengan suhu di ruangan sebelum kamu masukkan ke dalam kulkas.

2. Perhatikan muatan di dalam kulkas

Meski kapasitas kulkas 2 pintu lumayan besar, bukan berarti kamu bisa mengisi kulkas sampai overloaded. Sebaiknya mengi si kulkas sesuai kapasitas seharusnya , jangan berlebihan atau terlalu penuh .

3. Bersihkan menggunakan air hangat

Bersihkan kulkas dengan menggunakan air hangat dan kain yang lembut. pakai kain yang sudah dibasahi dengan air hangat kemudian usap pada bagian dalam kulkas sampai bersih.

4. Tutup kulkas secara rapat

Jika pintu kulkas kamu tidak tertutup dengan rapat, maka akan membuat debu dari luar bisa masuk ke dalam kulkas , dan suhu di dalam kulkas bisa naik.

5. Perhatikan celah kulkas dengan benda yang lain

Pastikan peletakkan posisi kulkas tidak berdempetan dengan alat elektronik lain seperti kompor atau dispenser. Beri kan celah di antara kulkas d engan benda yang ada di sebelahnya.

Di bagian bawah freezer, lebih tepatnya di penampung, sering ada bunga es yang muncul . Jika dibiarkan, maka bunga es tersebut akan tambah banyak. Kamu harus bersihkan bunga es tersebut dengan rutin supaya freezer bisa terus berfungsi secara optimal.

BACA JUGA:8 Penyebab Merek Kulkas Terbaik Tidak Dingin

6. Tidak me nggunakan kulkas ketika listrik mati

Jika di rumah kamu listriknya mati, pintu kulkas jangan di buka tutup. Biarkan saja kulkas kamu tertutup dengan rapat supaya suhu dingin di dalamnya bisa tetap terjaga.

Itulah beberapa masalah yang mungkin terjadi pada kulkas 2 pintu kamu dan tips yang bisa kamu ikuti dalam merawat merek kulkas terbaik 2 pintu agar tidak mudah rusak. Semoga bermanfaat! (*)

Kategori :