Penyebab Merek Kulkas Terbaik Berdengung Keras, Simak Cara Mengatasinya Dengan Mudah

Selasa 16-07-2024,18:46 WIB
Reporter : Amsya Sabrina
Editor : Syamsul Falaq

Kipas berfungsi untuk menyirkulasikan udara di dalam kulkas, dan masalah pada kipas dapat memengaruhi sirkulasi udara yang diperlukan untuk menjaga suhu tetap rendah.

Cara Mengatasi Kulkas Berdengung Keras

1. Periksa Kondisi Engsel Pintu

Suara berdengung pada kulkas sering disebabkan oleh pintu atau pegangan yang longgar. Karena pintu kulkas sering dibuka dan ditutup, sekrup yang menahannya bisa menjadi kendur atau bahkan lepas seiring waktu.

Jika Anda mendengar suara berdengung, coba buka pintu merek kulkas terbaik dan angkat pegangan sedikit. Jika suara berhenti, kemungkinan besar masalahnya adalah pintu yang longgar, dan Anda bisa mengencangkan sekrupnya.

Pastikan untuk memeriksa sekrup pada pegangan serta yang menghubungkan pintu ke lemari es di bagian engselnya.

2. Pastikan Kulkas Terpasang Rata

Pergerakan kompresor dan kipas bisa membuat lemari es bergoyang jika tidak dipasang dengan benar saat instalasi. Seiring waktu dan dengan penuaan rumah serta peralatannya, kemungkinan besar lemari es yang dulunya terpasang rata bisa bergeser.

BACA JUGA : Manfaat Menggunakan Merek Kulkas Terbaik Showcase Yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Pastikan untuk meratakan kembali lemari es agar tidak bergoyang dan mengurangi suara berdengung yang tidak diinginkan.

3. Atur Ulang Drip Pan

Di bagian bawah lemari es terdapat sebuah wadah besar yang dirancang untuk menampung kondensasi atau kelebihan air dan membiarkannya menguap.

Pastikan wadah ini tidak bersentuhan dengan bagian lain dari lemari es. Jika Anda mendengar suara berdengung dari bagian bawah, kemungkinan besar wadahnya telah bergeser.

Bahkan sedikit pergeseran bisa membuat wadah ini menyentuh lemari es dan menyebabkan getaran yang mengganggu. Sesuaikan posisi wadah agar ada ruang yang cukup di semua sisinya untuk mencegah kontak dengan lemari es.

4. Bersihkan Kompresor dan Kondensor

Proses pendinginan modern menghasilkan panas yang cukup besar di bagian luar lemari es. Seiring waktu, debu dapat menumpuk di koil kondensor dan kompresor, yang mengurangi efisiensi mereka dalam membuang panas. Hal ini dapat membuat sistem bekerja lebih keras dari biasanya, sehingga menghasilkan suara berdengung.

Kategori :