PT PGN Siap Perluas Realisasi Jaringan Gas Kota di DIY

Selasa 16-07-2024,13:48 WIB
Reporter : M. Fatkhurohman
Editor : M. Fatkhurohman

DISWAYJOGJA – PT PGN Tbk sebagai Subholding Gas Pertamina siap memperluas realisasi program jaringan gas kota di DIY. Setelah tahun lalu merintis jaringan gas kota di Kabupaten Sleman, PT PGN Tbk berupaya memulai perluasan jaringan gas kota di wilayah Kota Yogyakarta.

Hal itu diungkapkan Direktur Utama PT PGN Tbk Arief Setiawan Handoko usai bertemu dengan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X, Senin, 15 Juli 2024 di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan, Yogyakarta.

Arief mengatakan, sebagai BUMN, PT PGN Tbk memiliki tugas menjalankan misi mengantarkan gas sebagai sumber energi bersih bagi masyarakat.

BACA JUGA:Promo Juli Kredit Kendaraan Bank Mandiri 2024, Gas Ajuin Kredit

”Kami sudah membangun jaringan gas di Sleman, dan kami mau memperluasnya di DIY. Kenapa jaringan gas kota ini penting, karena secara langsung nantinya akan menyelamatkan keuangan negara. Elpigi, terutama yang 3kg, yang sehari-hari dipakai oleh masyarakat kan berasal dari luar negeri,” paparnya.

Arief menjelaskan, jaringan gas kota yang akan dibangun nanti akan disalurkan ke rumah-rumah maupun industri, baik kecil maupun besar. Selain bisa menghemat uang negara, masyarakat tentu akan diuntungkan karena harga gas akan lebih murah. Gas yang dialirkan pun merupakan gas domestik yang bersumber dari gas bumi milik Indonesia sendiri.

”Harapannya, jaringan gas kota ini akan mengurangi penggunaan gas tabung, yang pada akhirnya juga akan mengurangi proses distribusinya. Dengan begitu, kita juga mengurangi emisi udara, sehingga kualitas udara di DIY akan lebih baik. Masyarakat pun tidak perlu lagi repot-repot secara berkala membeli gas karena sudah tersedia langsung di rumah,” imbuhnya.

Dalam rangka realisasi program jaringan gas kota di DIY inilah, PT PGN Tbk bertandang ke Kompleks Kepatihan dalam rangka berdiskusi terkait rencana ini dengan Gubernur DIY.

Menurut Arief, Sri Sultan mengingatkan untuk selalu berhati-hati saat membangun saluran-saluran jaringan gas kota. ”Kami saat ini sudah memiliki roadmap pembangunannya. Layout dan map sudah ada, tinggal berkoordinasi dengan Pemda DIY dalam pelaksanaannya karena kami diingatkan Sri Sultan sebagian tanah yang akan dilalui adalah tanah lava. Karena kami juga tidak mau nantinya pembangunan jaringan gas ini menyisakan dampak yang jelek,” katanya.

BACA JUGA:Berikut Cara Setting Merek Kulkas Terbaik Digital Inverter, Cek Disini

Sembari menyusun keamanan pembangunan, Arief mengaku jika pihaknya juga segera memulai sosialisasi terkait jaringan gas kota ini kepada masyarakat dan UMKM di Kota Yogyakarta. Semua keuntungan dengan adanya jaringan gas kota ini akan disampaikan demi keberhasilan program dan kemaslahatan masyarakat. (*)

Kategori :