Begini Cara Memperbaiki Merek Kulkas Terbaik Mati Total, Simak Ulasannya

Senin 15-07-2024,11:49 WIB
Reporter : Amsya Sabrina
Editor : Syamsul Falaq

Perhatikan kondisi lampu kulkas saat pintunya dibuka. Biasanya, lampu di dalam kulkas akan menyala untuk menerangi ruang yang gelap ketika pintu terbuka. Jika lampu tetap menyala, ini menandakan bahwa aliran listrik dari rumah masih mencapai sistem kelistrikan kulkas.

Namun, jika kulkas mati total, kemungkinan besar penyebabnya adalah kompresor yang tidak berfungsi, sehingga proses pendinginan tidak terjadi.

Salah satu tanda kompresor tidak berfungsi adalah ketiadaan suara dari kulkas selama beberapa jam. Kulkas yang tidak mengeluarkan suara dapat menjadi indikasi bahwa kulkas mengalami masalah mati total.

4. Timer Kulkas Mati

Timer pada kulkas berfungsi untuk mengatur kinerja mesin kulkas. Di dalam timer, terdapat komponen penting berupa relai atau saklar yang diaktifkan oleh sensor suhu.

Ketika suhu di dalam kulkas mencapai tingkat yang telah ditetapkan, relai akan mengalirkan listrik ke mesin kompresor, memicu sirkulasi gas freon untuk memulai proses pendinginan kembali.

BACA JUGA : 7 Penyebab Utama Merek AC Terbaik Bau Tidak Sedap, Begini Cara Mencegahnya

Namun, jika terdapat masalah pada timer, aliran listrik dari rumah tidak dapat mengalir dengan baik ke kompresor, menyebabkan kompresor tidak dapat beroperasi normal sehingga kulkas menjadi tidak dingin atau mati total.

Periksalah kondisi timer pada kulkas untuk memastikan apakah relai di dalamnya masih berfungsi dengan baik atau tidak.

5. Kompressor Mati

Kompresor merupakan mesin utama pada kulkas, dan tanpa kompresor, gas freon tidak dapat mengalir melalui sistem pendingin. Jika terjadi masalah atau kerusakan pada komponen ini, kulkas dapat berhenti beroperasi atau mati total.

Memperbaiki kulkas yang mati total akibat kerusakan pada kompresor adalah tugas yang cukup sulit karena semua komponen kompresor terletak di dalam tabung yang sulit diakses. Untuk mengetahui penyebab kerusakan pada kompresor, perlu membuka tabung kompresor kulkas.

Kerusakan kompresor biasanya disebabkan oleh putusnya kumparan dinamo kompresor akibat panas. Langkah tercepat untuk memperbaiki kulkas yang mati total karena masalah kompresor adalah dengan mengganti kompresor yang baru.

BACA JUGA : Kesehatan Terancam, Simak Beberapa Bahaya Menanti Jika Malas Mencuci Merek AC Terbaik

6. Colokan Steker Rusak

Meskipun jarang terjadi, kulkas yang tiba-tiba mati total juga bisa disebabkan oleh kerusakan pada colokan steker atau terminal steker listrik rumah.

Kategori :