Merek AC Terbaikmu Mengeluarkan Asap, Ini Yang Harus Dilakukan

Sabtu 13-07-2024,20:31 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Merek AC terbaik yang mengeluarkan asap bisa disebabkan oleh beberapa masalah, ada masalah yang serius dan ada juga masalah yang kecil.

Merek AC terbaik yang keluar asap tentu menjadi hal yang sangat kita khawatirkan, dan bisa membuat kinerja AC dalam mendinginkan ruangan jadi menurun.

Dalam hal ini, penting untuk mengetahui secara mendalam seluruh langkah-langkah yang harus kamu lakukan saat masalah pada merek AC terbaikmu ini terjadi.

Berikut alasan yang paling umum merek AC terbaik mengeluarkan asap beserta apa yang harus kamu lakukan :

1. Lubang Pembuangan Tersumbat

Apabila kamu mempunyai merek AC terbaik yang sudah lama yang mengeluarkan asap berwarna putih tidak berbau, kemungkinan ini menjadi penyebabnya. Seluruh AC yang menghasilkan kondensasi.

BACA JUGA : 6 Tips Khusus Mengatur Merek AC Terbaik Agar Suhu Ideal, Cek Sampai Selesai

Unit AC yang lebih baru akan mengumpulkan kondensasi ini di dalam panci dan memakainya kembali untuk menjaga komponen agar tetap dingin.

Tetapi, AC yang umurnya lebih tua mempunyai lubang pembuangan tempat untuk air keluar. Apabila lubang pembuangan tersumbat, maka air akan tetap terperangkap di dalam AC.

Saat air bersentuhan dengan panas yang ada di dalam AC, maka air itu akan berubah jadi uap yang kamu lihat keluar dari unit AC.

Meski ini merupakan salah satu jenis asap AC yang lebih jinak, tetapi kamu tetap ingin menghilangkan sumbatan tersebut oleh seorang yang profesional.

Pertimbangkan juga untuk meningkatkan ke unit yang baru yang membuat penggunaan kondensasi akan lebih efisien.

2. Kelembaban

Apabila kelembapan internal AC kamu lebih rendah dibanding dengan udara yang ada di sekitar ventilasinya, mungkin kamu akan melihat sedikit kabut.

BACA JUGA : Cara Mengatasi Pipa Merek AC Terbaik Berembun, Ini Penyebabnya

Bahan ini tidak bau dan tidak menyebabkan risiko langsung terhadap AC atau kesehatan kamu. Kamu tidak perlu memanggil profesional AC untuk menangani masalah ini.

Biarkan saja AC kamu menyala dengan kecepatan yang tinggi selama beberapa menit untuk membantu mencapai keseimbangan di antara kelembapan internal AC dengan kelembapan di luar.

Tetapi apabila hal ini terus terjadi, maka kamu harus perhatikan filter AC lebih dekat. Filter yang tersumbat bisa memperparah keadaan dan mengakibatkan uap keluar dari AC, tidak peduli seberapa lama kamu menyalakannya.

Filter AC pada Phoenix harus dicek dan mungkin diganti setidaknya tiap 3 bulan sekali.

3. Terlalu panas

Apabila merek AC terbaik kamu mengeluarkan asap yang disertai dengan bau yang aneh , kemungkinan kamu sedang mengalami masalah lebih serius daripada masalah kondensasi biasa.

Merek AC terbaik tentu diisi dengan komponen kelistrikan. Tanpa adanya ventilasi yang baik, maka komponen tersebut akan jadi terlalu panas dan menghasilkan bau seperti terbakar.

BACA JUGA : Cari Tahu Keunggulan dan Kelemahan Merek AC Terbaik Brand TCL Disini

Apabila tidak ditangani dengan segera, maka akan berkembang jadi asap yang gelap dan bau menyengat muncul dari AC , serta mungkin akan terdengar suara-suara yang aneh.

Jenis masalah pada aliran udara ini biasanya akibat dari filter udara yang tersumbat sehingga akan mencegah ventilasi yang baik di komponen unit.

Apabila kamu melihat masalah ini, kamu harus segera mematikan AC dan menghubungi ahli AC profesional. Komponen apa pun dalam AC yang menghasilkan asap kemungkinan besar perlu untuk diganti, termasuk pada filter udara AC.

BACA JUGA :  Kekurangan Dan Bahaya Freon R22 Pada Merek AC Terbaik

4. Masalah Komponen Langsung

Kadang, sirkulasi AC kamu berfungsi dengan baiktetapi tetap menghasilkan asap dan bau terbakar yang sangat menyengat. Apabila AC kamu sudah tua, mungkin salah satu komponennya sudah mengalami aus dan mengeluarkan asap.

Paling umum penyebabnya yaitu sabuk kipas di kipas yang bergerak karena sabuk dan motor kipas. Asap AC jenis ini bisa jadi racun bagi kamu dan lingkungan.

Sebaiknya matikan AC dengan segera dan hubungi orang profesional HVAC. Tergantung komponen yang jadi penyebab asap, seorang profesional mungkin akan merekomendasikan untuk ganti seluruh AC kamu.

5. Kegagalan Listrik

Kabel yang mengalami rusak atau korsleting listrik bisa menimbulkan bahaya kebakaran yang kemudian akan menimbulkan asap dan bau terbakar.

Membiarkan AC berjalan di kondisi seperti ini sangat berbahaya. Sebaliknya, jika AC dimatikan, cabut steker unit bila memungkinkan dan panggil profesional untuk mengecek AC kmau.

Tips Umum Menghindari Masalah Asap AC

Mengganti filter merek AC terbaik sangat mudah dan murah. Selain untuk mencegah asap, juga bisa meningkatkan kualitas udara di dalam rumah kamu.

BACA JUGA : 5 Rekomendasi Merek AC Terbaik SHARP Untuk Kantor

Meski disarankan untuk mengecek dan mungkin mengganti filter tiap tiga bulan, hal ini hanyalah pedoman. Dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan secara rutin apabila kamu tinggal di daerah yang kualitas udaranya buruk.

Itulah beberapa hal-hal yang harus kamu lakukan ketika merek AC terbaikmu mengeluarkan asap. Semoga bermanfaat! (*)

Kategori :