Merek Kulkas Terbaik Anda Cepat Rusak, Hindari 5 Kesalahan Umum Berikut

Jumat 12-07-2024,20:06 WIB
Reporter : Rindi Ayu Lestari
Editor : Syamsul Falaq

Merek Kulkas terbaik ini memang menjadi perangkat elektronik yang bisa digunakan untuk menikmati minuman dingin ketika cuaca sedang panas. Meskipun begitu, jangan asal mengatur suhu kulkas tanpa jeda.

BACA JUGA : Cara Menyimpan Sayur Dalam Merek Kulkas Terbaik Dengan Wadah Tupperware

Memperbesar maupun memperkecil suhu kulkas tanpa jeda sangat membahayakan kompresor dan mengakibatkan kulkas mengalami kerusakan. Ketika suhu diubah dalam waktu yang drastis, kompresor akan bekerja lebih keras utnuk mencapai suhu yang pengguna inginkan.

Hal ini bisa mengakibatkan overlaod hingga akhirnya kulkas mengalami kerusakan yang fatal. Cara tepat untuk mengatur suhu kulkas yaitu dengan mengatur tuas suhu secara perlahan, tunggu beberapa saat baru kembali memutar tuas suhu.

4. Menggunakan Benda Tajam untuk Menghancurkan Bunga Es

Ini sering dilakukan oleh banyak orang, tanpa sadar hal yang dilakukan oleh mereka berisiko mengakibatkan kerusakan yang serius pada merek kulkas terbaik anda. Benda tajam bisa merusak evaporator, yang merupakan komponen penting untuk mendinginkan kulkas.

Ketika evaporator bocor, maka freon yang berfungsi sebagai cairan pendingin akan keluar. Freon yang rusak akan mengurangi efisien pendinginan, dan membutuhkan biaya yang besar untuk memperbaikinya atau bahkan kulkas bisa saja mengalami kerusakan yang fatal.

5. Mengisi Kulkas Melebihi Kapasitas

Mengisi kulkas terlalu banyak juga menjadi salah satu penyebab umum kulkas mengalami kerusakan. Ketika kulkas dalam keadaan sangat penuh, maka sirkulasi udara di dalamnya akan terganggu, dan suhu dingin tidak tersebar dengan merata.

BACA JUGA : Simak 7 Tips Lengkap Bersihkan Merek Kulkas Terbaik dari Luar dan Dalam

Jika hal itu terjadi secara terus – menerus, maka bisa merusak kompresor. Sebab kompresor akan bekerja dengan keras untuk mempertahankan suhu yang dibutuhkan, selain itu rak dan pintu kulkas juga bisa rusak karena menahan beban yang melebihi kapasitasnya.

Karena itu, isilah kulkas sesuai dengan kapasitas yang disarankan agar kulkas anda tetap awet. Pastikan tersedia ruang yang cukup untuk sirkulasi udara dingin di dalam kulkas.

Itulah beberapa hal yang bisa mengakibatkan merek kulkas terbaik anda mengalami kerusakan. Dengan penggunaan yang tepat, maka kulkas anda akan terhindar dari kerusakan dan umur kulkas juga tahan lama. (*)

Kategori :