Progres Coklit Sudah 87 Persen, Pemilih Belum Dicocokan Segera Hubungi Petugas Terdekat

Kamis 11-07-2024,08:59 WIB
Reporter : Syamsul Falaq
Editor : M. Fatkhurohman

BREBES, DISWAYJOGJA- Pemilih yang belum menjalani Pencocokan dan Penelitian (coklit), diminta segera menghubungi petugas terdekat. Hal itu, terungkap saat Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Brebes menggelar Sosialisasi, Rabu, 10 Juli 2024. Yakni, Tahapan Pemutakhiran Data Pemilih dan Penyusunan Daftar Pemilih pada Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2024 di Rumah Makan Seruni. K

Ketua KPU Brebes Lestari Manja Damanik menyampaikan, hingga kini proses coklit data pemilih sudah mencapai 87,84 persen per tanggal 10 Juli. Targetnya, dengan sisa waktu 14 hari mendatang realisasi coklit pemilih Pilkada Serentak 2024 bisa tuntas 100 persen.

BACA JUGA:KPU Brebes Terjunkan 5.687 Pantarlih Gelar Coklit Data Pemilih Pilkada, Progres Sudah 46,34 Persen

"Dengan sisa prosentase 23 persen, kami optimistis proses coklit data pemilih bisa selesai tepat waktu. Sehingga, warga yang belum didatangi petugas coklit bisa segera lapor ke PPS/ PPK terdekat untuk menginformasikan proses coklit," ungkapnya kepada awak media.

Dalam sosialisasi tahapan pemutakhiran data pemilih, lanjut Manja, pihaknya mengundang perwakilan seluruh pengurus parpol. Termasuk, semua organisasi masyarakat serta awak media sebagai mitra kerja KPU. Tujuannya, agar ikut menginformasikan bagi semua warga yang belum dicoklit segera lapor ke penyelenggara pemilu terdekat. 

"Kesulitan terbanyak yang dialami petugas coklit, yakni nama dan alamat pemilih sudah ketemu. Tapi, pemilih yang bersangkutan tidak pernah ada di tempat atau sudah pindah," terangnya.

BACA JUGA:Komisioner KPU dan Bawaslu Brebes Dilaporkan ke DKPP, Manja Lestari Damanik Bantah Gelembungkan Suara

Sementara itu, Komisioner KPU Divisi Perencanaan Data dan Informasi M Taufik menambahkan, dengan perkembangan data dinamis pemilih di Kabupaten Brebes. Menurutnya, jumlah pemilih dalam Pilkada Serentak 27 November mendatang diprediksi akan bertambah. Sehingga, proses coklit yang saat ini berjalan hingga 24 Juli mendatang menjadi acuan validasi data. 

"Untuk mengoptimalkan kegiatan ini, narasumber berkompeten juga kami hadirkan. Seperti, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Sri Mayang Herbimo, Komisioner KPU Divisi Perencanaan Dara dan Informasi serta Aniq Kanafillah Aziz dari Divisi Sosdiklih Parmas dan SDM KPU Brebes," tandasnya. (*)

Kategori :