Cara Menyimpan Ikan Dalam Merek Kulkas Terbaik Jenis Freezer Agar Awet

Kamis 11-07-2024,21:03 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Ikan yang masih segar banyak dijadikan sebagai lauk untuk bisnis yang bergerak pada bidang konsumsi, seperti rumah makan, restoran, dan kedai. Ikan yang kondisinya masih segar harus segera kamu pindahkan ke tempat yang suhunya dingin. Hal ini u ntuk menjaga kesegaran ikan, kamu harus memahami cara menyimpan ikan di dalam merek kulkas terbaik jenis freezer.

Ikan yang disimpan di dalam merek kulkas terbaik jenis freezer mempunyai beberapa keuntungan bagi ikan yang kamu miliki, slalah satunya seperti ikan akan jadi lebih awet.

Ikan yang a da di dalam merek kulkas terbaik jenis freezer bisa bertahan 4 sampai 6 bulan. Dan juga tidak akan berkurang kandungan gizinya , sehingga sangat aman dikonsumsi.

Ikan yang beku juga kualitasnya konsisten, karena bakteri tidak dapat berkembang biak di suhu yang dingin, hal ini bisa menghambat bakteri tumbuh pada ikan.  Berikut cara menyimpan ikan dalam merek kulkas terbaik jenis freezer agar awet :

1. Keluarkan ikan dari plastik pembungkus

Cara pertama yang bisa kamu lakukan yaitu langsung keluarkan ikan dari plastik pembungkusnya agar kualitas ikannya tetap terjaga dan terbebas dari terjadinya pembusukan.

Kamu dapat membuka plastik pembungkusnya secara perlahan, kemudian pegang ikan tersebut dengan menggunakan kedua tangan untuk memindahkan ke tempat yang lain. Ikan tersebut harus segera kamu keluarkan dari pembungkusnya maksimal 2 jam s esudah diambil.

2. Bersihkan ikan terlebih dahulu

Ikan yang sudah dikeluarkan dari plastik pembungkusnya harus kamu bersihkan terlebih dahulu agar tidak terdapat residu yang tertinggal di ikan sehingga ikan aman untuk dikonsumsi. Sebelum membersihkan ikan, kamu harus menyiapkan pisau, sendok, dan papan pemotong.

Cara membersihkannya yaitu bilas residu yang menempel pada tubuh ikan menggunakan air yang mengalir. B aringkan ikan di papan pemotong , lalu buka bagian tubuh ikan. Bagian perut ikan dibuka dengan perlahan menggunakan pisau yang disusul dengan bagian kepala dan insangnya.

Sesudah kepala dan insangnya terpisah, kamu dapat memegang kepalanya dan tarik bagian duri ikan. Kemudian kamu bisa memisahkan dagingnya dengan isi perutnya menggunakan sendok.

3. Gunakan wadah kedap udara

Ikan yang sudah melewati proses pembersihan perlu dipindahkan ke dalam wadah yang rapat supaya tidak ada oksigen yang masuk ke dalam wadah dan tetap terjaga kesegarannya.

Selain itu, agar ikan kamu tidak mengalami mutung beku yang bisa diketahui dengan ada es kristal di bagian atas permukaan ikan. Pemakaian wadah yang kedap udara dapat juga disubtitusikan dengan plastik vacuum atau zip yang bisa membungkus ikan dengan sangat rapat sehingga ikan lebih mudah dibekukan.

BACA JUGA :  5 Cara Menyimpan Makanan Dalam Merek Kulkas Terbaik Dengan Mudah Agar Awet

4. Simpan di suhu rendah

Freezer menjadi tempat untuk membekukan bahan makanan jadi pilihan ideal untuk mengawetkan makanan. Ikan yang segar yang sudah diletakkan di wadah atau plastik kedap udara bisa langsung d itaruh di freezer pada suhu yang rendah.

Suhu di dalam merek kulkas terbaik jenis freezer cenderung a da di bawah nol. Kamu bisa me naruh ikan di suhu -18°C. Sheingga ikan bisa membeku dengan maksimal sekaligus nutrisinya bisa tetap terjaga dengan baik . Kemudian , kadar air pada ikan masih ada di dalamnya.

5. Pisahkan ikan dari bahan makanan lain

Di dalam freezer biasanya ada berbagai macam bahan makanan. Agar terhindar dari kontaminasi bau pada bahan makanan dan ikan, kau harus memisahkan ikan dari bahan makanan yang lain.

Lalu , pembekuan ikan tidak dapat maksimal apabila ikan di posisi berdekatan dengan bahan makanan yang lain nya . Oleh karena itu, ikan atau pun bahan makanan lain bisa ditaruh di posisi yang berbeda agar proses pembekuan pada keduanya bisa berjalan dengan optimal.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menyimpan daging dalam merek kulkas terbaik jenis freezer agar awet. Semoga bermanfaat! (*)

Kategori :