Cara Menyimpan Sayur Dalam Merek Kulkas Terbaik Dengan Wadah Tupperware

Kamis 11-07-2024,20:29 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Agar sayur tetap dalam kondisi yang baik maka kamu harus tahu cara menyimpan sayur di merek kulkas terbaik dengan meletakkannya di wadah tupperware supaya sayuran awet dan tetap segar.

Biasanya sayuran memiliki kadar air cukup tinggi di dalamnya. Oleh sebab itu, jika ingin menyimpannya dalam waktu lama di dalam merek kulkas terbaik dan tidak memakai wadah, maka dapat mengakibatkan sayuran jadi cepat membusuk dan rusak.

Mengetahui cara menyimpan sayuran di merek kulkas terbaik sangat penting agar sayuran yang sudah dibeli dapat bertahan lebih lama dan kualitasnya tidak turun karena diletakkan dengan sembarangan.

Untuk menyimpan sayur di dalam merek kulkas terbaik dengan aman, kamu harus mengetahui caranya yang benar agar sayur tidak cepat layu. Berikut caranya :

1. Sortir sayur sebelum disimpan ke kulkas

Sayuran yang kamu beli juga pasti memiliki bagian yang sudah berwarna kecoklatan dan menguning. Sehingga kamu harus membuang bagian tersebut agar kerusakannya tidak mengkontaminasi bagian sayur yang  lain dan jangan lupa untuk memotong akar yang ada pada sayur seperti kangkung dan bayam.

2. Bersihkan sayuran

Kamu harus cuci sayur yang kamu beli sampai bersih seluruh bagiannya dengan menggunakan air dan sabun khusus untuk sayuran supaya semua kotoran dan bakteri yang terpadat pada sayur dapat lepas. Kemudian ketika kamu ingin memasaknya, kamu tidak perlu mencucinya lagi, sehingga dapat menghemat waktu masak kamu.

3. Wadah tupperware dilapisi dengan tisu atau plastik berlubang

Tisu bisa mencegah suhu kulkas menyerap sayuran dan plastik yang berlubang dapat memberikan akses udara bagi sayur. Untuk jamur harus dibungkus dengan kertas, karena jamur sangat gampang busuk dan lembab jika dibungkus plastik.  

BACA JUGA :  Anti Basi, Berikut 8 Cara Menyimpan Makanan Sisa Dalam Merek Kulkas Terbaik

4. Jangan mencampur sayuran

Mencampur berbagai macam sayuran di dalam satu wadah bisa membuat sayuran jadi lebih cepat busuk. Setiap sayuran tentu mempunyai cara penyimpanannya tersendiri. Sehingga, kamu harus pisahkan setiap sayuran yang kamu beli ketika kamu ingin memasukkannya ke wadah tupperware. 1 wadah tupperware untuk satu jenis sayuran saja.

5. Simpan sayuran dalam bentuk utuh

Jangan memotong sayuran karena bisa membuatnya lebih gampang membusuk atau mengering. Sebaiknya sayuran dibiarkan dalam bentuk aslinya, apabila ingin memasaknya sayuran baru kamu potong.

6. Perhatikan suhu kulkas

Suhu merek kulkas terbaik yang baik untuk menyimpan sayuran yaitu 1 hingga 4 derajat celcius. Apabila kulkas suhunya terlalu tinggi, maka akan membuat bakteri lebih gampang untuk berkembang biak dan bisa membuat rasa serta aroma sayuran jadi tidak sedap. Apabila suhunya terlalu rendah bisa mengakibatkan panas di dalam wadah tupperware yang membuat sayuran jadi mudah layu dan menguning.

BACA JUGA :  11 Tips Menyimpan Makanan Dalam Merek Kulkas Terbaik Jenis Freezer Cooking

7. Cek kualitas dan kondisi sayuran dengan rutin

Ketika kamu menyimpan sayuran di wadah tupperware dalam kulkas, kamu tidak bisa membiarkannya terlalu lama. Sebaiknya sayuran tidak disimpan dalam waktu lebih dari 2 minggu agar kesegarannya tetap terjaga.

Jika kamu ingin menyimpan sayuran lebih dari waktu tersebut, berarti kamu harus memeriksanya tiap 2 hari sekali. Apabila kamu melihat bagian sayur yang mulai layu atau membusuk, kamu harus membuangnya agar tidak mengkontaminasi bagian sayur lainnya.

8. Simpan sayuran sesuai jenisnya

Pada umumnya kulkas memiliki 3-4 rak penyimpanan, jadi pakai sebaik mungkin untuk menyimpan sayuran sesuai dengan jenis sayurannya.

Itulah berapa cara yang bisa kamu lakukan dalam menyimpan sayuran di merek kulkas terbaik dengan menggunakan wadah tupperware. Semoga bermanfaat! (*)

Kategori :