Tips Menyimpan Makanan Dalam Merek Kulkas Terbaik Dengan Benar Agar Tahan Lama

Selasa 09-07-2024,14:19 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Makanan merupakan kebutuhan yang penting bagi kehidupan kita sehari-hari. Tetapi, tidak semua makanan bisa dikonsumsi sekaligus dan sehingga kita membutuhkan merek kulkas terbaik untuk menyimpan makanan supaya tetap segar dan tahan lama.

Menyimpan berbagai macam makanan di dalam merek kulkas terbaik bertujuan supaya makanan tersebut bisa bertahan lama dan bisa dikonsumsi di kemudian hari.

Tetapi, apabila disimpan dengan cara yang tidak benar, maka makanan dalam merek kulkas terbaik akan gampang terkontaminasi kuman atau risiko terjadi kerusakan pada makanan lainnya yang mengakibatkan keracunan makanan.

Oleh sebab itu, penting bagi kita untuk mengetahui cara menyimpan makanan di dalam merek kulkas terbaik dengan baik dan benar, sehingga kualitas makanan akan tetap terjaga dan terhindar dari penyakit.

Berikut beberapa cara menyimpan makanan di dalam kulkas supaya tahan lama :

1. Menyimpan Daging di Tempat Tertutup

Daging harus disimpan di dalam kulkas di tempat yang tertutup. Pastikan kamu gunakan wadah yang kedap udara atau bungkus daging menggunakan plastik cling wrap sebelum kamu memasukkannya ke dalam kulkas.

BACA JUGA : 10 Daftar Merek Kulkas Terbaik, Canggih dan Tahan Lama

Hal ini akan membantu mencegah bau tidak sedap dan rasa dari daging yang menyebar ke makanan lainnya, serta akan membantu menjaga kelembapan daging tetap terjaga.

2. Jangan cuci Buah Sebelum Dimasukkan ke dalam Kulkas

Sebaiknya jangan cuci buah sebelum disimpan ke dalam kulkas. Karena kelembapan yang tinggi di dalam kulkas bisa membuat buah jadi lebih mudah busuk.

Apabila kamu ingin mencuci buah sebelum kamu konsumsi, lebih baik lakukan sesudah kamu mengeluarkannya dari dalam kulkas.

3. Melapisi Rak Kulkas dengan Handuk atau Tisu

Untuk mencegah makanan bocor atau menetes dan membuat kulkas jadi kotor, kamu bisa melapisi rak kulkas menggunakan handuk atau tisu untuk membantu dalam menyerap kelembapan dan menjaga kulkas agar tetap bersih.

Pastikan handuk atau tisu diganti secara berkala supaya tetap bersih dan efektif.

BACA JUGA :  8 Penyebab Merek Kulkas Terbaik Tidak Dingin Tapi Lampu Menyala, Ini Solusinya

4. Tidak Menyimpan Tomat di dalam Kulkas

Tomat sebaiknya jangan disimpan di dalam kulkas, kecuali sudah matang sepenuhnya. Suhu yang rendah di dalam merek kulkas terbaik bisa merusak tekstur dan rasa tomat, dan membuatnya jadi lembek dan kurang enak dikonsumsi. Sebaiknya simpan tomat pada suhu ruangan supaya tetap segar dan lezat.

5. Meletakkan Ujung Kecil Telur Menghadap Ke Bawah

Ketika kamu menyimpan telur di dalam merek kulkas terbaik, ada trik sederhana yang bisa kamu lakukan supaya telur tetap segar lebih lama. Caranya taruh telur dengan ujung kecil pada telur menghadap ke arah bawah.

Hal ini dapat membantu menjaga kantong udara di dalam telur tetap ada di posisi yang tepat dan memperpanjang masa simpan telur.

6. Menyimpan Susu atau Produk Sejenisnya yang benar

Pastikan tempatkan produk susu di dalam rak yang tepat, biasanya pada bagian tengah kulkas yang mempunyai suhu stabil. Tutup kembali botol susu secara rapat sesudah dipakai untuk mencegah masuknya udara yang bisa mempercepat kerusakan pada susu.

7. Membungkus Kacang-kacangan di Plastik

Simpan kacang-kacangan di dalam wadah yang kedap udara atau plastik. Hl ini akan membantu mencegah kacang-kacangan jadi lembap dan lebih cepat basi. Simpan kacang-kacangan di tempat sejuk dan kering agar tetap segar dan rasanya tetap baik.

8. Menjauhkan Bawang dari Bahan Makanan Lain

Bawang mempunyai aroma yang kuat dan bisa menyerap bau tidak sedap dari makanan lainnya. Untuk mencegah adanya bau dan rasa bawang menyebar ke makanan lainnya di dalam kulkas.

Sebaiknya, bawang disimpan di dalam wadah yang terpisah atau bungkus bawang menggunakan plastik cling wrap sebelum menyimpannya. Hal ini bisa membantu menjaga kesegaran dan kualitas makanan lainnya yang tersimpan di dalam kulkas.

BACA JUGA :  Tidak Hanya Dilap, Berikut Cara Membersihkan Semua Merek Kulkas Terbaik Yang Benar

9. Memotong Tangkai Wortel

Sebelum menyimpan wortel di dalam kulkas, pastikan kamu potong tangkainya terlebih dahulu untuk mencegah wortel cepat layu. Simpan wortel di dalam wadah kedap udara atau bungkus menggunakan plastik agar wortel tetap segar dan lezat ketika digunakan.

10. Memasukkan Sisa Makanan di dalam Wadah yang Kedap Udara

Sisa makanan yang ingin kamu simpan ke dalam merek kulkas terbaik, sebaiknya kamu masukkan dahulu ke dalam wadah yang kedap udara untuk mencegah masuknya udara ke dalam makanan tersebut.

Sehingga sisa makanan tersebut tetap segar dan kualitasnya jadi lebih lama. Selain itu, jangan lupa tulis tanggal simpan di wadah tersebut supaya kamu bisa mengingat kapan sebaiknya makanan tersebut dikonsumsi.

Itulah beberapa tips dalam menyimpan berbagai macam makanan di dalam merek kulkas terbaik dengan benar agar tahan lebih lama. Semoga bermanfaat! (*)

Kategori :