Tips Mengatur Suhu Ideal Merek AC Terbaik Untuk Menjaga Kesehatan

Selasa 09-07-2024,10:26 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Mempertahankan suhu dengan sempurna di dalam ruangan rumah kamu bisa menjadi keseimbangan yang cukup rumit. Mendapatkan suhu merek AC terbaik yang ideal bukan hanya soal kenyamanan, tetapi juga tentang kesehatan.

Saat mengatur suhu pada merek AC terbaik kamu, penting untuk menemukan keseimbangan yang membuat kamu tetap nyaman tanpa mengakibatkan efek kesehatan yang bisa merugikan kamu.

Banyak orang yang sulit untuk menemukan suhu merek AC terbaik yang tepat, sehingga sebagian orang akan merasakan kedinginan atau kepanasan.

Menemukan suhu yang ideal pada merek AC terbaik merupakan hal yang sangat penting untuk menjaga lingkungan supaya tetap sehat.

Hal ini bisa membantu kamu dalam mencegah terjadinya masalah pada pernapasan, meningkatkan kualitas tidur kamu, dan meningkatkan kesehatan secara menyeluruh.

BACA JUGA : 4 Rekomendasi Merek AC Terbaik Tahun 2024, Sejuk bikin Ruangan Nyaman

Faktor yang Mempengaruhi Suhu AC :

1. Jenis Refrigeran

Jenis refrigeran yang dipakain dalam sistem AC mempunyai titik didih yang berbeda-beda. Refrigeran bekerja dengan cara menguap di suhu yang rendah dalam evaporator, kemudian akan menyerap panas udara di ruangan lalu mendinginkannya.

Refrigeran yang berbeda mempunyai karakteristik termal yang berbeda juga, sehingga efek pendinginannya juga mungkin akan berbeda.

2. Kapasitas dan Efisiensi AC

Kapasitas AC yang lebih besar mungkin dapat menghasilkan udara yang lebih dingin dibandingkan dengan AC yang kapasitasnya lebih kecil. Tetapi, efisiensi operasional juga akan berpengaruh pada seberapa dingin suhu yang bisa dicapai oleh AC.

3. Pengaturan Termostat

Termostat merupakan alat yang mengukur suhu dalam ruangan dan mengatur operasi AC supaya mencapai suhu yang diinginkan. Kebanyakan model AC rumahan, penggunany bisa mengatur suhu diantara 16°C - 30°C. Beberapa model AC mungkin pengaturannya lebih rendah atau lebih tinggi.

BACA JUGA :  Anti Ribet, Berikut Cara Mudah Membersihkan Merek AC Terbaik Outdoor Sendiri

4. Kondisi Lingkungan

Suhu dan kelembaban pada lingkungan bisa mempengaruhi seberapa dingin suhu yang bisa dicapai AC. Saat cuacanya sedang sangat panas dan lembab, AC mungkin akan bekerja lebih keras dan kemungkinan AC tidak dapat mencapai suhu yang sama dinginnya seperti saat cuaca sedang lebih sejuk.

Berikut beberapa pengaruh suhu AC terhadap kesehatan:

-  Gangguan Tidur

- Masalah Kulit

- Gangguan Pernapasan

- Penyebaran Virus dan Bakteri

- Gangguan Metabolisme

- Sindrom Bangunan Sakit

- Gangguan Konsentrasi

- Efek Psikologis

Tips mengatur suhu AC yang aman bagi kesehatan :

1. Suhu Umum Rekomendasi

Menurut ASHRAE (American Society of Heating, Refrigerating, and Air-Conditioning Engineers), suhu ruangan yang ideal untuk kenyamanan dan efisiensi energi saat musim panas antara 23°C sampai 26°C (73°F sampai 79°F). Dan saat musim dingin, suhunya yaitu antara 20°C sampai 24°C (68°F sampai 75°F).

BACA JUGA : 7 Rekomendasi Merek AC Terbaik Panasonic, Hemat Daya dan Awet

2. Kenyamanan Tidur

Suhu ruangan ketika kamu tidur, rekomendasi dari para ahli yaitu suhu ruangan sedikit lebih dingin, antara 18°C hingga 20°C (64°F hingga 68°F), karena suhu ini ideal untuk kenyamanan tidur kebanyakan orang.

3. Kondisi Kesehatan Tertentu

Orang yang memiliki keadaan kesehatan tertentu mungkin membutuhkan pengaturan suhu yang sedikit berbeda.

Misal, orang dengan kondisi pernapasan mungkin membutuhkan suhu sedikit lebih hangat agar menghindari dari iritasi di saluran pernapasan.

4. Untuk Anak-anak dan Bayi

Anak-anak dan bayi biasanya lebih sensitif dengan suhu yang ekstrem. Beberapa ahli menyarankan suhu di kamar bayi antara 20°C sampai 22°C (68°F sampai 72°F) untuk menghindari resiko terjadinya SIDS (Sudden Infant Death Syndrome) dan untuk memastikan kenyamanan.

BACA JUGA :  Penyebab Merek AC Terbaik Samsung Mati Sendiri Dan Cara Mengatasinya

5. Untuk Orang Tua

Orang tua atau orang yang mempunyai sistem imun ebih rendah mungkin membutuhkan pengaturan suhu lebih hangat untuk menghindari terjadinya hipotermia dan untuk menghindari adanya masalah pada kesehatan lainnya.

6. Ketika Berolahraga

Suhu ruangan ketika kamu berolahraga sangat penting untuk diperhatikan. Suhu ruangan yang terlalu dingin dapat menyebabkan otot jadi kaku dan beresiko terjadinya cedera, dan suhu yang terlalu panas bisa meningkatkan risiko terjadinya dehidrasi dan kelelahan panas.

Itulah beberapa faktor yang memperngaruhi suhu AC dan tips mengatur suhu ideal pada merek ac terbaik untuk menjaga kesehatan . Semoga bermanfaat! (*)

Kategori :