6 Penyebab dan Solusi Merek Kulkas Terbaik Bagian Bawah Tidak Dingin

Sabtu 22-06-2024,20:34 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Merek kulkas terbaik berfungsi sebagai pendingin dan untuk menyimpan makanan ataupun minuman membuat kulkas menjadi alat yang sangat diperlukan di rumah.

Alat elektronik yang satu ini penting bagi kehidupan sehari-hari. Tetapi, kadang merek kulkas terbaik mengalami masalah, salah satunya yaitu pada bagian bawah kulkas tidak dingin.

Ada beberapa penyebab yang membuat merek kulkas terbaik bagian bawah tidak dingin, dan kamu harus mengetahui penyebab umum yang sering terjadi.

Beberapa faktor lain yang menyebabkan merek kulkas terbaik tidak dingin di rak ataupun di bagian bawah :

1. Freezer penuh dengan bunga es

Freezer adalah ruangan kulkas di bagian atas yang suhunya paling dingin, karena di dalamnya ada evaporator berfungsi sebagai komponen utama dalam menciptakan suhu dingin pada kulkas. Biasanya freezer dimanfaatkan untuk membuat es batu ataupun membekukan daging.

Tetapi, akibat suhu sangat dingin di dalam freezer, menyebabkan sering terbentuknya lapisan es atau biasa disebut bunga es. Apabila tidak diatasi, bunga es akan semakin tebal dan menutupi semua ruangan bagian dalam freezer.

Untuk mencegah bunga es yang menebal, kulkas 2 pintu biasanya dilengkapi sistem defrost yang berguna untuk mencairkan bunga es otomatis di ruangan freezer.

Tetapi, kulkas 1 pintu yang tidak memiliki sistem defrost, lapisan bunga es bisa menebal dan menutupi lubang ventilasi freezer dan di bagian bawah kulkas.

Untuk mencegah hal tersebut, kamu perlu mencairkan lapisan bunga es yang ada di dalam freezer dengan cara menurunkan suhu kulkas sampai minimum dan tunggu hingga semua bunga es mencair. Setelah selesai, kembalikan suhu kulkas pada pengaturan yang benar.

2. Kipas evaporator mati

Kipas evaporator memiliki fungsi yang penting untuk menghembuskan udara dingin ke ruangan kulkas. Dari hembusan inilah udara dingin akan mengalir dengan merata ke bagian bawah kulkas.

Apabila kipas evaporator tidak berfungsi dengan semestinya, maka suhu dingin tidak akan bisa terdistribusi ke seluruh ruangan kulkas dan menyebabkan kulkas di bagian bawah tidak dingin.

Tetapi, kerusakan kipas evaporator yang tidak berputar tidak selalu karena motor kipas yang rusak atau mati. Terkadang, hal tersebut karena relay switch door rusak. Relay switch door merupakan saklar yang ada di pintu kulkas.

Ketika pintu kulkas dibuka, relay akan memutus aliran listrik yang menuju ke kipas evaporator dan lampu kulkas akan dinyalakan. Sebaliknya, saat pintu kulkas ditutup, relay akan menghubungkan kipas evaporator ke  aliran listrik dan lampu kulkas akan dimatikan.

Oleh sebab itu, selain mengecek kondisi kipas evaporator, cek juga relay switch door untuk memastikan aliran listrik bisa mengalir dengan baik ke kipas evaporator.

BACA JUGA : 6 Cara Efektif Membersihkan Bunga Es Pada Merek Kulkas Terbaikmu

3. Pengatur suhu kulkas bagian bawah rusak

Pada merek kulkas terbaik 2 pintu, ruangan di bagian bawah dan freezer sudah dibekali pengatur suhu terpisah. Hal ini membuat kamu dapat mengatur suhu pada ruang bawah kulkas secara mudah.

Tetapi, pengatur suhu kulkas pada bagian bawah berbeda secara bentuknya dan cara kerjanya dengan pengatur suhu freezer.

Pengatur suhu freezer dibekali thermostat yang mempunyai sensor suhu untuk menjaga suhu agar tetap stabil. Sedangkan pengatur suhu kulkas di bagian bawah hanya ada knop pengatur katup saluran ventilasi.

Saluran ventilasi tersebut berguna untuk mengalirkan udara dingin dari freezer menuju ruang kulkas bagian bawah. Dengan memutar pengatur suhu, kamu bisa mengatur besar lubang aliran ventilasi udara dingin.

Semakin besar putaran ke kanan, akan semakin terbuka lebar lubang ventilasinya. Masalah kulkas yang tidak dingin di bagian bawah sering terjadi sebab rusaknya katup pengatur suhu ataupun sebab saluran ventilasi tertutup lapisan es.

Sehingga, kamu perlu mengecek kondisi katup pengatur suhu dan lubang saluran ventilasi udara dingin.

4. Karet pintu kulkas di bagian bawah rusak

Di sekeliling pintu kulkasterdapat lapisan karet yang berguna untuk memastikan pintu kulkas tertutup rapat. Hal tersebut sangat penting sebab udara yang panas dari luar kulkas bisa masuk ke dalam kulkas dan mengakibatkan suhu di dalam kulkas tidak maksimal.

Apabila kulkas 2 pintu kamu mengalami masalah di ruang bagian bawah yang tidak dingin sedangkan kondisi freezer normal, coba kamu cek kondisi lapisan karet di pintu kulkas bagian bawah. Bila kondisinya rusak ataupun aus, kamu harus menggantinya.

5. Kulkas terlalu sering dibuka

Udara panas dari luar kulkas bisa mengganggu proses pendinginan pada kulkas dan mengakibatkan waktu pendinginan jadi lebih lama. Saat kulkas pertama kali dinyalakan, kulkas akan membutuhkan waktu sekitar 8 jam untuk mencapai suhu dingin yang ideal. Tetapi, waktu tersebut bisa lebih lama bila pintu kulkas terlalu sering dibuka.

BACA JUGA : 8 Cara Mengatasi Kompresor Merek Kulkas Terbaik Yang Rusak

6. Pintu kulkas bawah tidak menutup rapat

Bila di bagian bawah kulkas kamu tidak dingin, periksa semua bagian pintu kulkas, sebab bisa jadi terdapat benda atau penghalang yang mengganjal pintu kulkas yang membuat pintu kulkas tidak bisa tertutup dengan sempurna. Hal ini bisa berpengaruh pada kinerja pendinginan kulkas.

Tips supaya merek kulkas terbaik kamu tetap dingin :

    Pintu kulkas jangan sering dibuka Pastikan pintu kulkas selalu tertutup rapat. Makanan atau minuman yang masih panas jangan dimasukkan ke dalam kulkas. Isi kulkas secukupnya, jangan sampai melebihi kapasitasnya.
Itulah beberapa penyebab merek kulkas terbaik bagian bawah tidak dingin, serta beberapa tips agar kulkas kamu tetap dingin. Semoga bermanfaat! (*)

Kategori :