Simak Penyebab Bunga Es Muncul Dalam Merek Kulkas Terbaik dan Cara Mengatasinya

Kamis 20-06-2024,19:33 WIB
Reporter : Yuni Khaerunisa
Editor : Syamsul Falaq

Sehingga semakin kamu mengatur suhu terendah pada termostat, maka kompresor juga akan semakin lama bekerja. Hal ini menyebabkan evaporator mengalami pengembunan dan embun tersebut akan menjadi bunga es.

Cara Mengatasi Bunga Es Agar Tidak Muncul 

1. Hindari Membuka dan Menutup Pintu Kulkas dengan Sering

Cara agar bunga es tidak muncul pada kulkas yang pertama yaitu hindari membuka dan menutup pintu kulkas dengan sering.

Karena kebiasaan tersebut bisa membuat merk kulkas terbaik kamu terpapar udara panas dari luar. Sehingga bisa juga memicu terjadinya kerusakan.

BACA JUGAc: 15 Rekomendasi Merek Kulkas Terbaik Jenis Freezer Harga Mulai Rp1 Jutaan, Awet Hemat Listrik

2. Perhatikan Tata Letak Barang

Kamu juga perlu memperhatikan penataan beberapa barang di dalam kulkas. Jangan sampai ada bahan makanan atau minuman yang menghalangi, sehingga pintu kulkas jadi tidak tertutup dengan rapat.

Untuk itu, selalu pastikan ketika menyimpan bahan makanan dan minuman di dalam kulkas tatalah serapi mungkin. Dan khususnya pintu freezer juga pastikan tertutup rapat.

3. Periksa Kembali Makanan dan Minuman yang Akan Disimpan

Sebelum menyimpan periksa kembali makanan atau minuman yang akan di simpan ke dalam kulkas. Jangan sampai ketika kamu menyimpannya masih ada uap panas.

Kalaupun sangat terpaksa sebaiknya bungkus terlebih dahulu makanan atau minuman tersebut yang masih panas dengan plastik yang tertutup. Sehingga uap panas pada makanan tersebut nantinya tidak akan mengenai permukaan kulkas.

4. Cek Suhu Kulkas

Pastikan kamu selalu mengecek suhu merek kulkas terbaik dan aturlah dengan tepat. Suhu yang ideal untuk freezer yaitu minus 17 derajat celsius, sedangkan untuk bagian bawah kulkas umumnya bisa diatur dengan 4 derajat celsius.

Dengan begitu, suhu kulkas tidak terlalu dingin tetapi tetap bisa menjaga kualitas makanan atau minuman yang di simpan di dalamnya.

5. Kulkas Jangan Sampai Kosong

Kategori :