Awali Numplak Wajik, Rombongan GKR Mangkubumi Datang Diiringi Gejog Lesung

Rabu 19-06-2024,08:03 WIB
Reporter : M. Fatkhurohman
Editor : M. Fatkhurohman

DISWAYJOGJA - Keraton Yogyakarta menggelar prosesi  numplak wajik di Panti Pareden Kompleks Magangan, Sabtu, 15 Juni 2024 sore.

Prosesi numplak wajik dalam rangka hajad Dalem Grebeg Besar memperingati Idul Adha 2024 itu diawali kedatangan rombongan abdi dalem keparak dipimpin Penghageng Kawedanan Hageng Punakawan (KHP) Datu Dana Suyasa Gusti Kanjeng Ratu (GKR) diiringi  gejog lesung  yang dimainkan abdi dalem.

Setelah rombongan duduk, upacara dibuka doa yang dipimpin abdi dalem kanca kaji. Kemudian, abdi dalem kanca abang mempersiapkan jodhang atau landasan gunungan dari kayu.

BACA JUGA:Awali Pembuatan Gunungan Grebeg Besar, Keraton Yogyakarta Gelar Prosesi Numplak Wajik

Sembari  gejog lesung dimainkan kembali, sebakul besar wajik dituangkan pada jodhang berbentuk silinder dengan ketinggian sekitar pinggul orang dewasa. Rangka gunungan putri yang terbuat dari bambu diikat erat pada pasak besi yang terdapat pada jodhang. Mustaka gunungan yang telah dipersiapkan sebelumnya diangkat dan ditancapkan pada wajik.

Abdi dalem keparak mengoles lulur yang terbuat dari dlingo dan bengle pada jodhang. Sinjang atau kain panjang songer kemudian dililitkan pada rangka gunungan putri oleh GKR Mangkubumi. Lilitan tersebut diikuti lilitan semekan atau kain penutup dada perempuan bangun tulak. ”Makna kain, ya itu doa restu lah,” ucap Putri sulung Sri Sultan Hamengku Buwono X tersebut.

Gejog lesung berhenti dimainkan, pertanda upacara telah selesai. Lulur dlingo bengle dibagikan kepada abdi dalem yang bertugas serta pengunjung yang hadir. Tak lama kemudian, sinjang songer dan semekan bangun tulak dilepas kembali. Proses menyelesaikan rangkaian gunungan dilanjutkan hingga menjelang upacara grebeg.

BACA JUGA:Lakukan 7 Hal Menarik Ini Saat Berkunjung ke Wisata Terbaru 2024 Keraton Yogyakarta, Sensasinya Tak Terlupakan

Pada hari yang sama, prosesi gladi bersih prajurit pun dilakukan. Puncak rangkaian Hajad Dalem Grebeg Besar dilakukan upacara Gunungan Grebeg Besar di Masjid Gedhe, Ndalem Mangkubumen, Kompleks Kepatihan dan Pura Pakualaman, Selasa, 18 Juni 2024.

Keraton Yogyakarta menggeluarkan gunungan setiap upacara grebeg yaitu Grebeg Mulud , Grebeg Syawal dan Grebeg Besar. Maka numplak wajik juga dilaksanakan setiap kali gunungan grebeg. (*)

Kategori :