5 Tips Menyimpan Daging Sapi Dalam Merek Kulkas Terbaik Agar Lebih Awet

Selasa 18-06-2024,21:19 WIB
Reporter : Zulfa Atiqoh
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - J enis mikroorganisme bisa berkembang pada daging mentah apabila penyimpanan di dalam merek kulkas terbaik yang tidak tepat.

Pertumbuhan bakteri-bakteri tersebut bisa dicegah dengan cara menyimpan daging mentah di dalam merek kulkas terbaik dengan suhu tertentu. Suhu freezer yang tepat memang tidak bisa membunuh bakteri, tetapi bisa memperlambat pertumbuhan bakteri .

Berikut 5 tips menyimpan daging sapi dalam merek kulkas terbaik agar lebih awet :

1. Segera Masukkan Ke Dalam Kulkas

Daging daging sapi mentah maupun daging ayam mentah sebaiknya tidak disimpan lebih dari 2 jam di dalam suhu ruangan. Apabila suhu di luar lebih dari 32° C kamu harus segera memasukkan daging mentah tersebut ke dalam merek kulkas terbaik paling lambat setelah 1 jam.

Suhu sangat mem p engaruhi pertumbuhan bakteri pada daging mentah . Idealnya, jangan langsung menyimpan daging ke dalam freezer.

Masukkan daging ke bagian chiller kulkas terlebih dahulu dengan suhu sekitar 4° C supaya daging tidak terjadi perubahan suhu drastis yang dapat merusak kualitasnya.

2. Bungkus Daging Dengan Rapat

Cara membungkus daging sebelum dimasukkan ke dalam kulkas memiliki peranan yang penting, khususnya daging yang memiliki kadar lemak tinggi, karena bisa lebih gampang mengalami freezer burn merupakan kondisi permukaan daging diselimuti kristal es.

Freezer burn dapat membuat daging mengeras dan kualitasnya jadi menurun . Daging yang mengalami kondisi tersebut masih bisa dikonsumsi, t et api kualitas rasanya sangat berkurang.

Untuk mencegah hal itu terjadi , bungkus daging dengan menggunakan bahan yang aman yang tidak mudah rusak di dalam suhu yang sangat rendah, dan tidak mengandung bahan kimia yang bisa meracuni makanan. Semakin rapat pembungkusnya dan tidak banyak udara di dalam wadah, maka akan semakin baik.

3. Tidak Mencuci Daging Sebelum Dimasukkan Ke Kulkas

Daging yang sudah dicuci akan mengandung banyak air dan jika kamu menyimpan daging yang berair akan membuat daging gampang mengalami freezer burn.

Bakteri tidak dapat hilang jika hanya dibersihkan menggunakan air dan b akteri hanya akan mati saat dimasak di dalam suhu tertentu. Yang terjadi adalah daging malah akan terkontaminasi oleh bakteri lain dari tempat pencucian atau pun dari air itu sendiri. Faktanya , air mentah mengandung cukup banyak bakteri.

BACA JUGA : 10 Masalah Sering Terjadi Pada Merek Kulkas Terbaik, Berikut Cara Mudah Mengatasinya

4. Tuliskan Tanggal Saat Membelinya

Catatan ini bisa menjadi pengingat untuk memilih daging yang akan dimasak terlebih dahulu. Daging sapi dapat disimpan di dalam freezer dengan suhu di bawah -18° C selama 6-12 bulan.

Daging ayam bisa lebih lama yaitu 1 tahun asal dimasukkan di dalam freezer dalam k ondisi segar. Bagian daging has dalam masa simpannya 12 bulan dan bagian lidah atau jeroan hanya bertahan 4 bulan di dalam freezer.

5. Perhatikan Temperatur Kulkas

Temperatur atau suhu kulkas memiliki peranan yang paling penting dari berbagai cara menyimpan daging sapi ata u jenis daging lainnya. Pastikan suhu freezer di bawah -18° C saat daging dimasukkan di dalamnya .

Isi kulkas sebaiknya jangan sampai penuh atau pun terlalu kosong. Apabila isi kulkas terlalu penuh, maka sirkulasi udara tidak bisa mengalir dengan baik.

T et api apabila isi kulkas terlalu kosong, maka kulkas akan berusaha lebih keras dalam mendinginkan makanan yang membuat daya listrik yang terpakai lebih besar.

Apabila mati lampu, kamu dapat menyimpan thermometer di dalam kulkas, t et api pastikan thermometer yang di pakai tahan terhadap s uhu yang ekstrim.

Hindari kebiasaan membuka tutup pintu freezer jika tidak ada keperluan , sebab hal itu akan memengaruhi suhu di dalamnya. Periksa thermometer ketika listrik menyala kembali. Kalau masih d i sekitar suhu optimal, berarti makanan masih aman.

Itulah beberapa cara menympan daging sapi di dalam merek kulkas terbaik yang benar agar lebih awet. Semoga bermanfaat! (*)

Kategori :