Wisata Terbaru 2024: Uniknya Kelabba Maja Tampilkan Destinasi Surga Tersembunyi NTT

Minggu 16-06-2024,12:06 WIB
Reporter : Dikana Alfina
Editor : Syamsul Falaq

Dengan keindahan dan keunikan yang ditawarkan Kelabba Maja ini membuatnya masuk ke dalam nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) pada tahun 2018. Nominasi tersebut masuk ke dalam kategori Destinasi Surga Tersembunyi.

BACA JUGA : Jelajah Negeri Di Atas Awan? Wisata Terbaru 2024 NTT, Banyak Destinasi Surga Tersembunyi Dengan Pesona Estetik

Kawasan Sakral di Pulau Sabu

Masyarakat yang ada di sekitar tempat indah ini menganggap bahwa Kelabba Maja merupakan gunung suci. Hal ini dikarenakan mereka pecaya gunung ini menjadi tempat tinggal Dewa Maja.

Termasuk ke dalam kawasan sakral, lokasi Kelabba Maja sering dijadikan sebagai tempat ritual setiap tahun. Ritual ini dimaksudkan sebagai persembahan dan perlindungan kepada Dewa Maja.

Untuk mengadakan ritual diatas, masyarakat di sekitar gunung pelangi ini biasanya melakukan penyembelihan hewan.

Lokasi Kelabba Maja

Gunung pelangi yang satu ini merupakan satu-satunya yang ada di Indonesia, terletak di Pulau Sabu, Kecamatan Hawu Mehara, Kabupaten Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur (NTT).

BACA JUGA : Wisata Terbaru 2024 Glamping Seru di NTT, Cocok Buat Kamu yang Gak Punya Banyak Waktu Tapi Pengin Camping

Wisatawan lokal atau asing yang ingin mengunjungi wisata terbaru 2024 ini sangat dianjurkan untuk menggunakan pakaian yang sopan. Hal ini dikarenakan Kelabba Maja merupakan tempat suci dan sakral bagi masyarakat setempat.

Dengan demikian, wisatawan yang datang diharapkan dapat menghargai serta menghormati tradisi adat dan budaya yang ada di sekitar kawasan Gunung Pelangi.

Itulah seputar pesona alam wisata terbaru 2024 yang ditawarkan oleh Kelabba Maja yang ada di NTT. Selalu ingat dengan peribahasa "Dimana Bumi Dipijak, Disitulah Langit Dijunjung” ya! (*)

Kategori :