Mengatasi Merek Kulkas Terbaik Tidak Dingin dan Kompresor Panas: Berikut Panduan Lengkapnya

Minggu 16-06-2024,11:57 WIB
Reporter : M Bakhrul Ulum
Editor : Syamsul Falaq

2. Pengaturan Suhu dan Thermostat

Cara mengatasi kulkas yang tidak dingin dan kompresor panas yang selanjutnya adalah pengaturan suhu pada thermostat. Fungsi dari Thermostat adalah bertanggung jawab mengatur suhu di dalam kulkas. 

Jika terlalu dekat, dapat mengakibatkan kompresor tidak mau hidup atau gagal untuk menjaga suhu yang tepat. Pastikan anda menyetel pengaturan suhu pada thermostat dengan benar.

BACA JUGA : Freezer Merek Kulkas Terbaik Anda Kotor, Simak Cara Membersihkanya Dengan Mudah

Jeda waktu minimum antara mati dan hidupnya kembali kompresor sekitar 3-5 menit. Hal ini bertujuan agar sistem kompresor dapat bekerja secara efektif.

3. Pemeriksaan Freon

Ciri-ciri Freon habis adalah jika kompresor panas di bagian body merek kulkas terbaik tapi tidak panas di kondensor atau filter, ini bisa menjadi indikasi bahwa freon dalam sistem telah habis. Anda dapat memeriksanya dengan menghidupkan kulkas.

Dengarkan apakah ada suara mendesis atau gemericik air di dalam evaporator. Jika tidak, kemungkinan besar freon sudah habis.

4. Penggantian Komponen yang Diperlukan

Jika relay atau overload terbukti rusak, gantilah dengan yang baru sesuai dengan posisinya yang sebelumnya. Meskipun ada yang memiliki 4 kaki, anda dapat menggunakan yang sesuai dengan posisi sekun yang sudah terdapat sebelumnya.

BACA JUGA : 7 Cara Jitu Menjaga Kulkas Kos Tahan Lama Bebas Bocor

5. Langkah-langkah Perbaikan

Pastikan semua bagian terhubung dengan baik dan bersih dari debu atau kotoran. Perbaiki atau ganti komponen yang rusak dengan hati-hati untuk memastikan kulkas dapat berfungsi dengan optimal.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, anda dapat menganalisis. Serta dapat mengatasi masalah kulkas yang tidak dingin dan kompresor yang panas dengan efektif. 

Pastikan untuk melakukan perawatan secara berkala dan perbaikan sesuai dengan petunjuk yang diberikan untuk menjaga merek kulkas terbaik dalam kondisi baik dan memperpanjang umurnya. Semoga bermanfaat.(*)

Kategori :