Ketahui Penyebab dan Cara Mengatasi Kipas Merek AC Terbaikmu Tidak Dapat Berputar

Selasa 11-06-2024,18:22 WIB
Reporter : Amsya Sabrina
Editor : Syamsul Falaq

4. Start Kapasitor Tidak Berfungsi

Penyebab keempat adalah start kapasitor yang tidak beroperasi dengan baik, yang dapat mengakibatkan kipas AC tidak berputar.

Start kapasitor membantu dalam putaran awal dinamo saat kipas AC dinyalakan.

Jika start kapasitor tidak berfungsi, poros motor kipas tidak akan berputar dengan baik, yang dapat menghambat operasi optimal unit luar AC.

Cara Memperbaiki Kipas AC Tidak Berputar

Setelah memahami faktor-faktor yang dapat menyebabkan Kipas AC Tidak Berputar, Anda dapat mencoba menerapkan beberapa langkah perbaikan berikut:

1. Gunakan alat penguji listrik untuk memeriksa kabel-kabel, pastikan tidak ada kerusakan pada kabel dan tegangan listrik sesuai dengan standar.

2. Pastikan semua baut pada mesin terpasang dengan rapat dan tidak ada kekendoran yang dapat mengganggu operasi mesin.

3. Lakukan inspeksi rutin pada unit luar dan kompresor, dan tambahkan atau perbaiki komponen yang diperlukan.

4. Pastikan pipa kondensor dan kisi-kisi bersih untuk mencegah beban kerja berlebih pada sistem. Setelah membersihkannya, matikan kompresor untuk sementara.

BACA JUGA : 7 Tips Mudah Agar Merek AC Terbaikmu Awet Tahan Lama, Simak Ulasannya

5. Gunakan stabilizer untuk menjaga arus listrik tetap stabil di tempat di mana AC terpasang, untuk menghindari fluktuasi yang dapat merusak peralatan.

5. Periksa kondisi thermistor, terutama jika suhu yang diatur pada AC tidak sesuai dengan suhu ruangan. Jika thermistor rusak, segera gantilah dengan yang baru.

Dengan melakukan perbaikan dan perawatan rutin pada kipas AC, Anda dapat memperpanjang umur pakai perangkat pendingin tersebut dan memastikan kinerja optimal dalam menyejukkan ruangan.

Cara Memperbaiki Kipas Indoor AC Tidak Berputar

Berikut adalah beberapa langkah yang bisa diambil untuk memperbaiki masalah kipas bagian dalam merek AC terbaik yang tidak berfungsi:

Kategori :