Simak Penyebab Merek AC Terbaik Kamu Tidak Mau Menyala, Cek Infonya

Senin 10-06-2024,11:32 WIB
Reporter : Amsya Sabrina
Editor : Syamsul Falaq

7. Arus listrik putus

Jika terjadi pemadaman listrik, tidaklah mengherankan jika AC tidak mau menyala.

Jika Anda menggunakan stop kontak manual, coba lepaskan dan periksa apakah sekring atau fuse terputus. Jika iya, Anda perlu menggantinya dengan yang baru dan sesuai dengan ampere yang tertera pada bodi fuse.

Namun, jika fuse atau sekring tidak terputus, gunakan test pen atau multimeter untuk memeriksa apakah ada aliran listrik. Jika ada aliran listrik, kemungkinan masalahnya ada pada unit indoor AC. Untuk mengatasi masalah ini, sebaiknya hubungi seorang teknisi AC.

BACA JUGA : Cara Kerja Merek AC Terbaik Dalam Mendinginkan Ruangan, Simak Ulasan Lengkapnya

8. Bagian IC ada yang putus

Salah satu alasan mengapa merek AC terbaik tidak menyala meskipun sudah dihidupkan adalah kerusakan pada Integrated Circuit (IC) yang bermasalah.

Untuk masalah semacam ini, direkomendasikan untuk menghubungi teknisi profesional dan menghindari melakukan perbaikan sendiri.

9. Penumpukan es

Jika terjadi penumpukan es di gulungan kondensor atau bagian lain dari unit AC Anda, mungkin AC tidak akan berfungsi dengan baik atau tidak dapat mendinginkan udara secara efisien.

Sebelum dapat berfungsi dengan benar, unit AC harus dilepas dan semua es yang menumpuk harus dihilangkan.

10. Kekurangan refrigeran

Jika AC Anda kekurangan refrigeran, maka kemungkinan besar AC tidak akan berfungsi atau tidak dapat beroperasi dengan baik.

Oleh karena itu, sangat disarankan untuk selalu meminta bantuan teknisi profesional untuk memeriksa tingkat refrigeran dan mengisi kembali jika diperlukan.

Untuk menangani masalah ini, ada beberapa langkah yang bisa diambil, bergantung pada penyebab utamanya. Namun, disarankan untuk mencari bantuan dari ahli jika Anda ragu atau kurang berpengetahuan dalam memperbaiki AC.

Pastikan juga untuk menjalani perawatan rutin pada merek AC terbaik Anda guna mencegah timbulnya masalah dan mempertahankan kinerjanya yang optimal. Semoga bermanfaat (*)

Kategori :