Menteri AHY Berharap Masyarakat Memahami Keuntungan Sertifikat Tanah Elektronik

Sabtu 08-06-2024,11:27 WIB
Reporter : M. Fatkhurohman
Editor : M. Fatkhurohman

JAKARTA, DISWAYJOGJA - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) berharap masyarakat memahami ada layanan Sertifikat Tanah Elektronik. Hal itu disampaikan saat melakukan pertemuan dengan insan pers di Aula Prona Kementerian ATR/BPN, Jakarta, Jumat, 7 Juni 2024.

Karena itu, di hadapan insan pers yang hadir pada acara media gathering, dia meminta kepada awak media yang hadir untuk menyosialisasikan secara masif terkait penerbitan Sertifikat Tanah Elektronik, terutama keuntungan yang didapat oleh masyarakat dengan sertifikat tersebut.

BACA JUGA:Media Gathering di 100 Hari Kerja, Menteri AHY: Bagian dari Transparansi dan Akuntabilitas

”Penerbitan Sertifikat Tanah Elektronik, saya mohon tolong bantu sosialisasikan agar masyarakat semakin memahami ada layanan Sertipikat Tanah Elektronik. Dengan demikian, lebih banyak yang datang ke Kantor Pertanahan untuk mengurus Sertipikat Tanah Elektronik,” ujar AHY.

Dalam kesempatan itu, Menteri AHY memaparkan capaian kinerja yang telah direalisasi dalam kurun waktu 100 hari kerja. Antara lain, upaya penataan ruang, progres PTSL, hingga progres Kabupaten/Kota Lengkap.

Selain itu, terkait percepatan implementasi Sertifikat Tanah Elektronik, percepatan program Reforma Agraria, pengadaan tanah bagi pembangunan untuk kepentingan umum, upaya pengendalian dan penertiban tanah dan ruang, hingga penyelesaian sengketa dan konflik pertanahan.

BACA JUGA: Wamen ATR/BPN Serahkan Sertifikat Program PTSL, Simbolis untuk 3 Desa

”Mudah-mudahan ini bisa dicatat dan disampaikan ke publik secara luas,” turut Menteri AHY.

Menteri AHY juga memaparkan terkait rencana kerja 100 hari ke depan. Dia berharap dengan dukungan dari rekan-rekan media, Kementerian ATR/BPN tetap konsisten dalam menjalankan program prioritas.

BACA JUGA:Sri Sultan Terima Sertifikat Tanah Kasultanan dan Kadipaten, Sebut untuk Kesejahteraan Masyarakat

”Mudah-mudahan jangan sampai ada downtime, terus kencang, semangat, dan peran dari teman media sebagai pilar akuntabilitas dan transparansi publik, mudah-mudahan terus memberikan masukan termasuk support agar program kami bisa semakin diterima dengan baik oleh masyarakat,” ungkapya.

Usai pemaparan, dilakukan sesi tanya jawab dengan rekan media yang diikuti dengan ramah-tamah. Hadir dalam kesempatan ini, Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN Raja Juli Antoni; para Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Staf Khusus; Kepala Badan Bank Tanah; para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Tenaga Ahli. Hadir secara daring, seluruh Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi se-Indonesia. (*)

Kategori :