Begini Efek Kulkas Tanpa Penutup Freezer, Salah Satunya Terbentuk Banyak Bunga Es

Jumat 07-06-2024,19:56 WIB
Reporter : Amsya Sabrina
Editor : Syamsul Falaq

BACA JUGA : Dingin Cerdas Hemat Maksimal, Pilihan Merek AC Terbaik 2024 untuk Rumah Anda

Bakteri yang memicu pembusukan makanan dan penyakit terbawa makanan dapat berkembang pesat dalam rentang suhu antara 4°C hingga 57°C.

Oleh karena itu, menjaga suhu dalam freezer tetap di bawah 4°C sangat penting untuk memastikan makanan tetap segar dan mencegah pembusukan.

2. Konsumsi listrik berlebihan

Untuk memastikan kinerja optimal pendinginan dan pembekuan pada kulkas dan freezer, sangat penting untuk menjaga pintu kulkas dan freezer tetap tertutup rapat. Jika tidak, salah satu dampak yang mungkin timbul adalah peningkatan signifikan dalam tagihan listrik.

Peningkatan tagihan listrik terjadi karena udara di dalam kulkas menjadi lebih hangat dari suhu yang seharusnya. Akibatnya, komponen kulkas harus bekerja lebih keras dan mengonsumsi lebih banyak daya untuk menjaga suhu yang tepat untuk makanan dan minuman yang disimpan di dalamnya.

3. Kulkas jadi lebih panas

Jika pintu freezer tidak tertutup rapat, termostat pada kulkas akan terus mendeteksi suhu yang tidak sesuai dan menyampaikan sinyal bahwa masih terlalu panas.

Dampaknya, kompresor akan terus beroperasi secara berlebihan hingga mengalami pemanasan. Jika kondisi ini terus berlanjut, bisa menyebabkan masalah pada kulkas di masa mendatang.

BACA JUGA : Sejuknya Maksimal Hematnya Tak Tertandingi, Memilih Merek AC Terbaik Aqua Untuk Anda

4. Terbentuknya bunga es

Salah satu konsekuensi dari kulkas yang tidak memiliki penutup freezer yang rapat adalah peningkatan tingkat kelembapan di dalamnya. Tingkat kelembapan yang tinggi dalam kulkas dapat mengakibatkan pembentukan embun pada dinding kulkas, sedangkan dalam freezer dapat menyebabkan terbentuknya lapisan bunga es.

Semakin sering pintu kulkas dibuka dan semakin banyak udara yang masuk, semakin tinggi kelembapan yang tercipta.

Untuk mengatasi bunga es yang terbentuk di dalam freezer, Anda bisa memutus aliran listrik ke freezer dan membiarkan bunga es mencair secara alami. Atau, Anda dapat menggunakan benda tajam dengan hati-hati untuk memecahkan dan menghilangkan bunga es tersebut dari dinding freezer. Namun, perlu diingat untuk berhati-hati agar tidak merusak kulkas.

5. Kumparan evaporator membeku

Jika kulkas mengalami embun atau terbentuknya bunga es di dalam freezer, kumparan evaporator dapat membeku. Ketika uap air mengenai kumparan evaporator yang sangat dingin, itu akan membeku dan membentuk lapisan es yang tebal.

Kategori :