Sedang Memilih Merek AC Terbaik Buat Kamar Kost, Simak Panduan Lengkapnya

Kamis 23-05-2024,16:28 WIB
Reporter : Rindi Ayu Lestari
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Memiliki kamar kost yang nyaman tentu menjadi dambaan setiap anak kost, salah satu kenyamanannya yaitu memiliki udara yang sejuk. Namun jika kamu tinggal di wilayah yang terik serta panas, tentu memiliki merek ac terbaik menjadi solusi yang tepat.

Sayangnya memilih merek ac terbaik tidaklah mudah, membutuhkan pertimbangan yang matang. Terdapat beberapa faktor yang wajib dipertimbangkan untuk mendapatkan ac sesuai kebutuhan kamu.

Dalam memilih merek ac terbaik tentu kamu harus mengetahui kepasitas serta ukuran ac yang tepat untuk kamar kost kamu. Selain itu juga kamu perlu mengecek spesifikasi berupa fitur unggul yang disematkan pada produk ac.

Jika kamu masih bingung untuk memilih merek ac terbaik untuk kamar kost kamu. Berikut panduan yang bisa membantumu dalam memilih produk ac terbaik.

1. Menentukan Kapasitas yang Sesuai

Langkah awal yang perlu kamu lihat yaitu kapasitas ac sesuai dengan ukuran kamar kost mu. Dengan mempertimbangkan besaran PK pada ac, akan menentukan persebaran suhu dingin yang rata atau tidak pada kamarmu.

Biasanya dalam menentukan kapasitas Ac diukur dalam satuan BTU (British Thermal Unit). Cara menghitungnya yaitu dengan menjumlah luas ruangan kamar kost dan rumus panjang ruangan (m) x lebar ruangan (m) x tinggi ruangan/3 (m) x 500.

BACA JUGA : 10 Rekomendasi Merek Kulkas Terbaik Hitachi Berteknologi Canggih

Jika sudah mendapatkan hasilnya, maka kamu bisa menyesuaikan hasilnya dengan pemilihan PK berikut:

  1. AC ukuran ½ PK untuk 5000 BTU/h.
  2. AC ukuran ¾ PK untuk 7000 BTU/h.
  3. AC ukuran 1 PK untuk 9000 BTU/h.
  4. AC ukuran 1 ½ PK untuk 12000 BTU/h.
  5. AC ukuran 2 ½ PK untuk 18000 BTU/h.

Namun jika kamu tinggal di kost dengan wilayah yang sangat terik bisa memilih ac dengan kapasitas yang lebih besar.

2. Pilihlah AC dengan Konsumsi Daya yang Efisien

Biasanya beberapa orang melupakan spesifikasi konsumsi daya listrik sebelum membeli ac. Mereka lebih fokus pada merk serta harga yang murah saja, sedangkan memiliki ac dengan daya rendah akan menghemat kebutuhan listrik kamu.

Sebaiknya kamu memilih merek ac terbaik yang dilengkapi dengan inverter. Teknologi inverter akan memberikan suhu dingin yang lebih cepat sehingga daya listrik yang dikeluarkan lebih rendah.

3. Mempertimbangkan Aspek Kesehatan

Sekarang produk ac sudah semakin berkembang dengan teknologi yang canggih. Pilihlah produk ac yang dibekali dengan teknologi untuk membunuh kuman, virus, bakteri, maupun mengusir debu agar udara yang dihembuskan lebih segar dan sehat.

Kategori :