Selain Keindahan Lautnya, Labuan Bajo Memiliki Wisata Terbaru 2024 Seru untuk Berpetualang, Simak Disini

Jumat 29-03-2024,17:05 WIB
Reporter : Dikana Alfina
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Laboan Bajo tidak hanya menawarkan keindahan gunung dan pantainya yang mempesona, wisata terbaru 2024 alam lainnya seperti Goa Batu Cermin juga bisa menjadi tujuan perjalanan liburan kamu.

Wisata terbaru 2024 Goa Batu Cermin terletak di Labuan Bajo, Kec. Komodo, Kab. Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Goa Batu Cermin buka setiap hari mulai pukul 07.00-17.00 WIB.

Yuk intip pesona tak terbantahkan wisata terbaru 2024 Goa di Labuan Bajo pada ulasan dibawah ini.

BACA JUGA : Labuan Bajo Sampai Rinjani! 7 Rekomendasi Wisata Terbaru 2024, Wajib Anda Kunjungi!

Sekilas Goa Batu Cermin

Labuan Bajo memang terkenal dengan wisata terbaru 2024 baharinya yang tersohor. Tapi tidak ada salahnya kamu mengunjungi wisata alami yang satu ini. Liburan ke wisata Labuan Bajo kamu akan terasa lengkap dengan mengunjungi goa unik satu ini.

Ketika kamu memasuki wisata terpopuler Goa Batu Cermin ini, kamu akan disuguhkan dengan keindahan sinar matahari yang menyusup ke dalam celah-celah. Sinar inilah yang dipantulkan ke dinding seperti cahaya yang memantul ke cermin.

Dahulunya goa ini brada di bawah permukaan laut yang kemudian muncul ke permukaan darat. Tak heran jika bisa menemukan fosil binatang laut dalam goa ini. Wisata favorit goa favorit wisatawan ini memiliki ketinggian sekitar 75 meter dengan luas 19 hektar.

Banyak wisatawan yang datang karena ingin membuktikan bahwa dinding memang memantulkan cahaya seperti cermin. Dinding yang mematul seperti cermin disebabkan karena dinding Goa mengandung banyak garam.

Jika kamu mengunjungi pastikan kamu tidak sendirian dan ditemani oleh seorang pemandu wisata profesional.  Hal ini karena goa memiliki ruang yang sempit dan memiliki kedalaman hingga 20 meter. Meskipun pada siang hari goa ini tetap ramai pengunjung yang berasal dari berbagai lokasi

Waktu terbaik untuk mengunjungi Goa Batu Cermin ini adalah pukul 9 hingga pukul 12 pagi. Pada moment tersebut akan membuat kamu bisa melihat sinar matahari yang memantul pada dinding goa. Tentu saja hasil pantulannya sangat cantik dan menakjubkan.

BACA JUGA : Nikmati Wisata Terbaru 2024 Labuan Bajo 3 Hari 2 Malam? Serunya Libur Lebaran bersama Keluarga Tercinta

Wisata kekinian Goa Batu Cermin ini lumayan sempit apalagi dengan adanya stalakmit dan skalaktit disekitarnya membuat kamu harus berhati hati. Namun stalakmit dan skalaktit yang memiliki bentuk unik akan menambah keindahan goa tersebut.

Tidak hanya keindahan goa, kamu juga bisa menikmati keindahan yang ada di sekitar goa. Udara yang masih asri dan dilengkapi dengan tumbuhan hijau, hingga hutan bambu akan memanjakan mata kamu.

Bahkan jika beruntung kamu bisa bertemu dengan monyet berekor panjang. Bagi kamu pecinta fotografi tentu saja fauna yang kamu temui bisa menjadi sasaran bidik kamera kamu. Mengasyikkan bukan mengunjungi Goa Batu Cermin ini?

Menuju Lokasi Goa Batu Cermin

Terletak di Pusat Labuan Bajo, goa ini mempunyai akses yang mudah dijangkau karena tersedia angkutan umum yang akan mengantarkan kamu dari Bandara Komodo Labuan Bajo hingga menuju wisata Goa Batu Cermin.

Kalau kamu ingin melakukan tracking, bisa dengan berjalan kaki hingga sampai lokasi yang membutuhkan waktu sekitar 1 jam. Sementara jika kamu mengunakan alat transportasi yang ada, kamu hanya butuh waktu 15 menit saja.

Semua pilihan ada ditangan kamu, namun pastikan kamu sedang berada di kondisi fisik yang sehat. Sepanjang perjalanan kamu juga bisa berburu spot foto keren untuk membuat dokumentasi atau kenang kenangan kamu semakin cantik.

Tiket Masuk

Kalau kamu terarik berkunjung ke lokasi wisata Goa Batu Cermini kamu ahrus membayar tiket masuk.  Harga tiket masuk ini sendiri sudah termasuk sewa helm yang akan kamu gunakan selama berada di dalam goa.  Adapun biaya tiket masuk ke lokasi ini sangat murah dan ramah di kantong, rinciannya sebagai berikut:

a) Rp10.000,00 untuk wisatawan lokal.
b) Rp20.000,00 untuk wisatawan nusantara.
c) Rp50.000,00 untuk wisatawan mancanegara.

Apabila ingin mendapatkan penjelasan yang lebih jauh tentang goa ini, maka kamu juga bisa menggunakan jasa tour guide. Biaya untuk tour guide ini sendiri perlu kamu siapkan di luar biaya tiket masuk. Biasanya, biaya untuk tour guide ini sekitar Rp20.000,00.

BACA JUGA : Pesona Pink Beach Labuan Bajo? Wisata Terbaru 2024, Pantai Cantik Yang Menjadi Incaran Wisatawan!

Ada beberapa tips kalau kamu tertarik unruk berkunjung ke Goa Batu Cermin, diantaranya sebagai beikut :
1. Pastikan Anda memakai alas kaki yang nyaman, karena area sekitar goa dapat licin dan berbatu.
2. Bawalah penerangan tambahan, seperti senter, karena bagian dalam goa bisa cukup gelap.
3. Patuhi peraturan dan petunjuk yang diberikan oleh pemandu wisata setempat untuk menjaga kelestarian goa.

Punya rencana perjalanan ke Labuan Bajo, jangan lewatkan kesempatan untuk menyaksikan keajaiban wisata terbaru 2204 Goa Batu Cermin yang menunggu untuk dijelajahi. Selamat berpetualang (*)

Kategori :