Kuliner Khas Wisata Terbaru 2024? Solo Punya 5 Rekomendasi Makanan Khas Cocok Untuk Menu Buka Puasa

Selasa 26-03-2024,17:05 WIB
Reporter : Mohamad Al Ma'arif
Editor : Syamsul Falaq

3. Tengkleng

Selanjutnya di Solo juga terdapat hidangan kuliner kkhas yaitu tengkleng yang memiliki cita rasa pedas. Cita rasanya sendiri merupakan perpaduan dari tulang kambing yang dijadikan sebagai kaldu dan ditambah juga dengan daging kambing yang empuk. 

Walaupun penyajiannya mirip dengan gulai, tapi tengkleng memiliki kuah yang encer dan sedikit mengandung  lemak di dalamnya. Resep Tengkleng terkenal denga cita rasanya yang gurih, ini karena  menggunakan beragam bumbu rempah. 

BACA JUGA : Wisata Terbaru 2024 Green Paradise Pagar Alam : Lokasi, Rute, Harga Tiket, Daya Tarik

Cara membuat Tengklengpun cukup  beragam. Ada yang menggunakan daging atau iga kambing, ada juga yang bahan utamanya menggunakan daging atau iga sapi. 

Selain itu, ada pula yang membuatnya dengan resep Tengkleng berkuah sehingga orang menyebutnya sebagai sup, ada juga yang menyajikan Tengkleng dengan terkstur yang lebih kering. Bagaimanapun cara pengolahan dan penyajiannya namun bumbu-bumbu yang digunakan dalam resep Tengkleng pada umumnya sama.

4. Serabi Notosuman

Wisata terbaru 2024 kudapan selanjutnya yaitu serabi Notosuman. Dengan cita rasanya yang gurih, lembut, dan berisi menjadikan keistimewaan tersendiri diri serabi ini. 

Serabi Notosuman terbuat dari adonan beras, santan, garam, daun pandan dan gula. Dan yang membuat serabi ini menarik yaitu disajikan tanpa menggunakan kuah gula atau santan, namun dengan isian potongan nangka atau meses coklat.

BACA JUGA : Wisata Edukasi Anak-anak? Ini Dia 6 Wisata Terbaru 2024 yang Memikat di Jawa Tengah

5. Nasi Liwet

Surakarta juga punya sajian khas yaitu Nasi Liwet. Konon katanya nasi liwet khas kota ini  merupakan salah satu sajian makanan yang paling enak, sehingga wajib masuk daftar list kuliner yang wajib kamu coba. 

Nasi Liwet berupa nasi putih yang diracik dengan santan, kaldu ayam, daun salam, serai, dan rempah pilihan yang membuat aroma yang sangat menggugah selera. Biasanya dilengkapi lauk telur dadar atau telur rebus yang dimasak dengan kecap manis, suwiran ayam yang dimasak dengan santan, rebusan labu pedas, dan areh atau saus kelapa kental.

BACA JUGA : Eksplore Kehidupan Satwa di Wisata Terbaru 2024 Taman Safari Bogor: Praktis Pesan Tiket dengan Tiket.com

Demikian 5 Rekomendasi kuliner khas wisata terbaru 2024 Solo yang wajib kamu Cicipi, cocok untuk menuka buka puasa. Semoga bermanfaat. (*)

Kategori :