Ngabuburit di Cirebon? Ini Dia 7 Rekomendasi Tempat Ngabuburit di Cirebon Terfavorit!

Selasa 12-03-2024,21:55 WIB
Reporter : Amsya Sabrina
Editor : Syamsul Falaq

JOGJA DISWAY - Ngabuburit adalah tradisi masyarakat Muslim Indonesia yang dilakukan sambil menunggu waktu berbuka puasa. Di Cirebon, terdapat banyak lokasi yang dapat dijadikan tempat ngabuburit, terutama saat berada bersama anak-anak. Ada sejumlah tempat yang sangat sesuai untuk dikunjungi bersama keluarga.

Ada beberapa lokasi yang tiba-tiba menjadi ramai dikunjungi oleh umat Muslim Cirebon yang sedang melakukan ngabuburit. Saat ngabuburit, banyak orang memanfaatkan waktu untuk pergi ke tempat-tempat yang dianggap dapat membawa kegembiraan dan ketenangan.

Berikut adalah 7 rekomendasi tempat yang cocok untuk dijadikan tujuan saat ingin mencari suasana baru selama ngabuburit:

BACA JUGA : Mudah dan Butuh Waktu Cepat, 4 Resep Makanan Menu Buka Puasa

1.        Pantai Kejawanan

Cirebon, yang terletak di pantai utara, memiliki sejumlah lokasi yang memungkinkan pengunjung menikmati pemandangan matahari terbenam di tepi pantai.

Salah satu contohnya adalah Pantai Kejawanan, yang baru-baru ini mengalami revitalisasi oleh pemerintah setempat.

Di sana, selain menikmati keindahan sunset, pengunjung juga dapat menyewa kapal-kapal nelayan untuk berlayar ke tengah laut sambil menikmati hembusan angin laut yang menenangkan.

2.        Setu Patok

Sebuah danau buatan pada masa kolonial Belanda ini merupakan opsi yang tepat untuk menghabiskan waktu ngabuburit Anda. Terletak di Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, danau ini menawarkan suasana alam yang dapat memberikan ketenangan bagi hati Anda.

Selain itu, dari tepian danau ini, Anda juga dapat menikmati pemandangan Kota Cirebon dari ketinggian yang menakjubkan.

3.        Alun-alun Sangkala Buana Keraton Kasepuhan

Masyarakat senang berkumpul di tempat ini untuk menunggu waktu berbuka puasa. Lokasinya yang berdekatan dengan Keraton Kasepuhan yang terkenal membuatnya menjadi tempat yang diminati.

Di sebelah Alun-alun itu, terdapat Masjid Sang Cipta Rasa yang memiliki sejarah panjang sebagai salah satu masjid bersejarah di Kota Cirebon.

Alun-alun Sangkala Buana terletak di sekitar Keraton Kasepuhan, Kota Cirebon.

BACA JUGA : Menu Berbuka Puasa Simpel dan Menyegarkan, Dijamin Bikin Ketagihan!

4.        Kawasan Kota Tua

Kawasan Kota Tua merupakan destinasi yang legendaris dan sering ramai dikunjungi oleh masyarakat ketika menjalani ngabuburit.

Bangunan-bangunan tua yang berasal dari masa kolonial Belanda yang masih tegak berdiri hingga sekarang menjadi salah satu daya tarik utama.

Kawasan Kota Tua yang terletak di Jalan Pasuketan, Kelurahan Lemahwungkuk, Kota Cirebon ini kerap dijadikan tempat berjualan makanan dan minuman untuk berbuka puasa.

5.        Hutan Kota Sumber

Salah satu tempat menarik untuk ngabuburit di Kabupaten Cirebon adalah Hutan Kota Sumber.

Tempat ini sangat menyenangkan karena suasana alamnya yang asri dan nyaman, karena dikelilingi oleh pepohonan yang rindang. Selain itu, terdapat juga fasilitas bermain untuk anak-anak.

Hutan Kota Sumber terletak di Jalan Sultan Agung No.12, Sumber, Kecamatan Sumber, Kabupaten Cirebon.

BACA JUGA : 5 Rekomendasi Tempat Ngabuburit Asyik di Tegal, Saat Ramadhan 2024 Bersama Keluarga

6.        Jalan Ki Bagus Rangin

Sebuah jalan yang baru saja diresmikan oleh Pemerintah Kabupaten Cirebon, yang terletak di Kelurahan Watubelah, Kabupaten Cirebon, dapat menjadi pilihan untuk ngabuburit Anda.

Pada sore hari, biasanya terdapat berbagai aktivitas yang bisa dilakukan di sana, salah satunya adalah berkuda karena ada beberapa penjual kuda yang menawarkan layanan penunggang kuda untuk mengisi waktu ngabuburit Anda.

7.        Alun-Alun Kejaksan

Terletak di pusat Kota Cirebon, Alun-Alun Kejaksan menjadi tujuan utama masyarakat untuk ngabuburit.

Di tempat ini, pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas seperti berolahraga, bermain, atau bahkan membaca buku karena tersedia sebuah mini perpustakaan yang bisa menjadi pilihan untuk menghabiskan waktu menjelang berbuka puasa.

BACA JUGA : Variasi Menu Berbuka Puasa: 5 Hidangan Khas di Bulan Ramadhan yang Nikmat dan Menggugah Selera

Itulah 7 rekomendasi tempat ngabuburit terfavorit yang ada di Cirebon. Selamat menikmati (*)

Kategori :