Bingung Mengatasi Jerawat? Inilah Tips Merawat Kulit Berjerawat dengan 5 Bahan Alami

Jumat 09-02-2024,00:43 WIB
Reporter : Fatkhur Rokhman
Editor : Syamsul Falaq

3. Teh Hijau 

Teh hijau merupakan salah satu spesies tanaman Camellia sinensis. Selain disebut sebagai minuman paling sehat di dunia, The hijau telah banyak digunakan untuk tujuan pengobatan di Jepang dan Cina selama berabad-abad. Dibandingkan jenis teh lainnya, proses pengolahan teh hijau lebih singkat untuk menjaga kandungan antioksidan dan nutrisinya. 

Teh hijau memiliki sifat antioksidan dan antibakteri yang dapat membantu melawan bakteri penyebab jerawat dan mengurangi peradangan. Seduh teh hijau, biarkan dingin lalu oleskan pada area jerawat dengan kapas. 

4. Cuka Sari Apel

Cuka sari apel memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang dapat membantu melawan bakteri penyebab jerawat dan mencegah infeksi. Campurkan cuka sari apel dengan air dengan perbandingan 1 : 1 dan gosokkan ke area jerawat dengan bola kapas.

5. Kunyit 

Selain bisa memutihkan kulit secara alami, kunyit juga bisa dijadikan bahan alami untuk mengatasi jerawat, karena bumbu ini mengandung beberapa bahan yang terbukti ampuh melawan jerawat. 

Kunyit memiliki sifat anti inflamasi dan antibakteri yang dapat membantu mengurangi peradangan dan kemerahan pada jerawat. Campurkan bubuk kunyit dengan air atau madu hingga membentuk pasta, lalu oleskan pada area jerawat dan diamkan selama 15 hingga 20 menit sebelum dibilas dengan air hangat.

BACA JUGA:Bosan dengan Skincare untuk Perawatan Kulit? Inilah 7 Buah yang Mencerahkan Kulit Anda Secara Alami 

Selain menggunakan bahan alami diatas, ada juga tips tambahan untuk merawat kulit yang berjerawat, antara lain:

Harap melakukan tes alergi terlebih dahulu sebelum menggunakan bahan-bahan alami yang disebutkan di atas. Hentikan penggunaan jika terjadi iritasi kulit. Konsultasikan dengan dokter kulit jika jerawat tidak kunjung membaik.

Bahan-bahan alami di atas memang bisa membantu mengatasi kulit berjerawat, namun efeknya mungkin tidak sedramatis produk perawatan kulit yang khusus dirancang untuk berjerawat. Untuk mencapai hasil yang optimal, penting untuk bersabar dan konsisten dalam menggunakan bahan-bahan alami tersebut. Semoga bermanfaat. (*)

 

Kategori :