Berikut 15 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami!! Dijamin Manjur Simak Ulasannya dan Praktikkan

Selasa 06-02-2024,11:05 WIB
Reporter : M Hafizal Fikri
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA - Sebagian orang memiliki masalah jerawat dan butuh solusi untuk mencari cara menghilangkan jerawat. Munculnya jerawat, bisa disebabkan adanya penyumbatan pada folikel kulit akibat minyak dan sel-sel mati.

Kondisi ini lazim terjadi, khususnya di kalangan remaja. Kondisi ini lazim terjadi, khususnya di kalangan remaja.
Jerawat disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor genetik, pola makan, kebiasaan hidup tidak sehat, konsumsi makanan, perubahan hormonal, dan infeksi kulit menjadi salah satu faktornya.

BACA JUGA : Lebih Aman! Berikut Cara Hilangin Jerawat Secara Tradisional Dengan Herbal

Lalu bagaimana cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat? Berikut 15 ulasannya

1. Perasan Air Lemon

Cara menghilangkan jerawat secara alami, yang pertama adalah dengan memnggunakan perasan air lemon. cara ini bermanfaat untuk menghilangkan jerawat membandel karena mengandung asam askorbat yang tinggi. Mengandung antioksidan kuat yang mencegah kerusakan dan mempercepat penyembuhan Pertama, bersihkan seluruh  wajah. dan kedua peras satu buah lemon dan gunakan air perasannya sebagai masker. Tunggu 10 hingga 15 menit. Lalu bilas dengan air bersih. Gunakan secara rutin untuk hasil optimal.

2. Lidah Buaya

Cara menghilangkan jerawat secara alami yang kedua adalah lidah buaya, Lho kok bisa? Nah khasiat alami pada lidah buaya efektif mencegah jerawat dan mengurangi timbulnya bakteri. Kulit bisa terhidrasi berkat adanya molekul gula, asam amino, dan zinc di dalamnya.

3. Putih Telur

Kemudian Cara menghilangkan jerawat secara alami yang ketiga adalah dengan menggunakan putih telur mengandung enzim lisozim. Enzim ini mampu menyembunyikan bekas jerawat merah, menghilangkan komedo, dan menghaluskan tekstur wajah. Cara penggunaannya adalah dengan mengekstrak putih telur dari kuning telur dan menambahkan jus lemon. Oleskan pada wajah seperti masker, lalu diamkan selama 15 menit. Lalu bilas dengan air bersih.

BACA JUGA : Masker Putih Telur!! Cara Menghilangkan Jerawat, Benarkah Efektif?? Yuk Simak Ulasannya

4. Mentimun

Perawatan jerawat alami dapat dicoba melalui penggunaan timun. Zat tersebut terdiri dari asam amino, antioksidan, dan vitamin untuk menghilangkan dan mengurangi peradangan akibat jerawat. Mengoleskan masker mentimun pada wajah selama 15 menit bisa memberikan manfaat tambahan. Lalu bilas dengan air bersih.

5. Madu

Selanjutnya cara menghilangkan jerawat secara alami kelima adalah madu Lho kok bisa? Nah Hidrogen peroksida dalam madu bersifat antibakteri dan alami. Kandungan tersebut dapat membantu membunuh bakteri yang berperan dalam berkembangnya jerawat, seperti Propionibacterial acid. Cuci muka sebelum menggunakannya. Selanjutnya, oleskan madu ke wajah Anda. Tunggu selama 15 menit. Lalu, bilas dengan air bersih.

6. Bawang Putih

Sifat anti-inflamasi hadir dalam bawang putih karena kandungan sulfurnya. Oleh karena itu, zat ini dapat meredakan peradangan jerawat dan mengurangi kemerahan yang terlihat pada pembengkakan dan nyeri terkait jerawat.
Resepnya sangat sederhana, mulailah dengan memotong bawang putih kecil-kecil. Lalu oleskan pada bagian jerawat atau bekas lukanya. Tunggu selama 10 hingga 15 menit dan bilas dengan air bersih.

7. Alpukat

Mengoleskan alpukat bisa menjadi cara alami untuk menghilangkan jerawat dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan. Mengandung vitamin E yang  mengurangi peradangan pada kulit. Cara ini dilakukan dengan menghancurkan buah alpukat, lalu mengoleskannya ke wajah sebagai masker. Anda bisa mencampurkannya dengan madu. Tunggu selama 30 menit, lalu bilas dengan air bersih.

BACA JUGA : Inilah 5 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami Dijamin Langsung Hilang, Nomor 1 Paling Ampuh

8. Cuka Apel

Antiseptik alami pada cuka sari apel mampu menghilangkan bakteri penyebab jerawat. Anda bisa mengaplikasikannya dengan kapas dan biarkan selama 5 menit. Lalu, bilas dengan air bersih. Ingat jangan biarkan terlalu lama  di wajahmu. Memang cuka apel mengandung asam asetat yang dapat menyebabkan iritasi dan merusak lapisan pelindung kulit.

9. Tomat

Dengan mengonsumsi tomat, Anda dapat meningkatkan jumlah vitamin A dan vitamin C yang membantu pengobatan jerawat. Buah ini tidak hanya mengandung sifat anti inflamasi tetapi juga efektif mengecilkan ukuran pori-pori wajah. Cara ini melibatkan penempatan potongan tomat secara merata di seluruh wajah. Kemudian diamkan selama 15,20 menit. Bilas sampai bersih dengan air bersih.

10. Jangan Menyentuh Wajah Anda

Jerawat dapat dihilangkan secara alami dan cepat dengan menghindarinya sama sekali. Sebab kebiasaan ini bisa mengiritasi kulit dan memperparah jerawat. Masuknya lebih banyak bakteri ke dalam jerawat dapat dilakukan dengan menyentuh atau memencet area tersebut. Akibatnya, jerawat bisa menyebar dan  bertambah parah.

11. Pepaya

Kehadiran papain, enzim alami yang terdapat pada pepaya, dapat membantu mengatur produksi sebum berlebih pada kulit. Minyak kulit berlebih dapat memperburuk masalah jerawat dengan menyumbat folikel rambut. Pepaya dapat dimanfaatkan sebagai masker wajah alami untuk mendapatkan manfaatnya. Pertama, hancurkan pepaya dan oleskan secara merata pada wajah. Bilas sampai bersih setelah menunggu 30 menit.

12. Teh Hijau

Penggunaan teh hijau juga dapat membantu menghilangkan jerawat. Dengan kandungan antioksidannya, dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit dan mengurangi peradangan yang disebabkan oleh jerawat. Studi Teh Hijau dan Polifenol Teh Lainnya: Efek pada Produksi Sebum dan Jerawat, diterbitkan oleh Antioksidan, menunjukkan bahwa polifenol  teh hijau membantu melawan bakteri dan mengurangi peradangan. Kedua elemen ini adalah penyebab utama munculnya jerawat.

BACA JUGA : Simak yuk! 7 Tips Menghilangkan Jerawat Paling Ampuh Secara Alami

13. Menjaga Tubuh Agar Tetap Terhidrasi

Dengan menjaga kadar cairan dalam tubuh, Anda bisa menghilangkan jerawat secara alami dengan cepat. Kekeringan, yang dapat menyebabkan iritasi atau kerusakan, dapat memperparah jerawat. Memenuhi kebutuhan cairan tubuh dapat memastikan sel-sel kulit baru berkembang secara normal selama penyembuhan luka. Dengann asupan harian yang biasa adalah 2 hingga 3 liter. Anda dapat menyesuaikannya dengan aktivitas Anda sehari-hari.

14. Mengontrol Stres

Mengontrol stres adalah metode utama sebagai cara menghilangkan jerawat secara alami dan cepat. Menurut American Academy of Dermatology, stres adalah salah satu penyebab timbulnya jerawat. Kadar hormon androgen meningkat karena stres.
Jerawat lebih mungkin berkembang karena peningkatan aktivasi folikel rambut dan kelenjar minyak akibat perubahan hormonal dalam tubuh.

15. Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi jerawat. Daun Melaleuca alternifolia di Australia merupakan sumber minyak atsiri yang diekstraksi. Sebuah penelitian tahun 2018 menemukan bahwa mengoleskan minyak pohon teh pada kulit dapat mengurangi jerawat. Efeknya jauh lebih baik dibandingkan menggunakan benzoil peroksida. Penggunaan minyak pohon teh dapat membantu mengurangi risiko kekeringan dan iritasi kulit. Untuk mengatasi jerawat membandel, minyak ini bisa digunakan sebagai pengganti antibiotik topikal dan oral.

Nah itu tadi 15 daftar cara menghilangkan jerawat secara alami yang bisa saya jelaskan untuk Anda pada ulasan di atas, semoga apa yang saya jelaskan bisa menjadi bermanfaat untuk Anda Terimakasih.(*)

Kategori :