Legit, Kue Apem Wanarata Pemalang dari Gula Aren Makin Banyak Peminat

Sabtu 13-01-2024,09:00 WIB
Reporter : Siti Maftukhah
Editor : M. Fatkhurohman

BANTARBOLANG, DISWAYJOGJA - Usaha kue apem khas Desa Wanarata, Kecamatan Bantarbolang, Kabupaten Pemalang makin berkembang dan banyak peminat. Kue apem tersebut sudah ada sejak lama, bahkan menjadi usaha turun temurun. Kue apem itu sendiri memliki rasa yang legit. Itulah kenapa kue apem tersebut kian diminati masyarakat. 

        Naimah, perajin atau pembuat kue apem di Dukuh Lenggak, Desa Wanarata mengatakan, kue apem mempunyai rasa khas dan legit. Sebab, menggunakan gula aren asli. Dimana gula aren tersebut sangat berpengaruh pada rasa, tekstur dan tampilan. Karena itu, produksi kue apem tidak diganti dengan gula merah biasa atau gula pasir. 

BACA JUGA:Makanan Legendaris Jawa Tengah: Apem Kesesi, Camilan yang Bikin Nagih!

”Khasnya itu pakai gula aren, jadi kalau diganti gula merah biasa semuanya berbeda, baik rasa, tekstur dan tampilan,” kata Naimah, Jumat (12/1/2024). 

Kue apem diproduksi setiap hari dan jumlahnya capai puluhan kilogram, kue tersebut dipasarkan di pasar tradisional, dan ke pelanggan dari berbagai daerah Kecamatan Bantarbolang dan sekitarnya. Meski produksi banyak, kue apem selalu habis terjual.

”Kebanyakan masyarakat pesan terlebih dahulu agar tidak kehabisan. Apalagi jika jumlahnya banyak,” imbuh Naimah. 

BACA JUGA:3 Amalan Agar Cepat Kaya Ala Islam, Yuk Simak disini Selengkapnya

Nur, pembuat kue apem lainnya menuturkan, khasnya kue apem dari gula aren. Karena it, pihaknya harus selalu memliki stok gula aren. Sebab, gula aren itu terkadang sulit didapat, akibat keterbatasan pohon aren. Dengan demikian, harus ada stok gula aren setiap hari agar produksi apem terus berjalan. 

”Kalau produksi berhenti, maka kita merasa rugi, karena kue apem diminati dan selalu habis terjual dengan cepat,” ujarnya. (*)

Kategori :