Siap Berlaga di PON XXI, 442 Atlet DIY Masuk Puslatda

Sabtu 13-01-2024,04:00 WIB
Reporter : M. Fatkhurohman
Editor : M. Fatkhurohman

DISWAYJOGJA – Babak kualifikasi Pekan Olaharaga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024 segera dilasanakan. Sepanjang 2023, 1400 atlet pada 55 cabor atau 70 sub cabor telahmengikuti seleksi. Hasilnya, sebanyak 442 atlet DIY dari 40 cabang olahraga (Cabor) atau 63 Sub Cabor berhasil masuk Pusat Pelatihan Daerah (Puslatda).

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X pada Pencanangan Puslatda menuju PON XXI Aceh-Sumut 2024 menyampaikan, Puslatda bukan hanya tempat untuk berlatih, tetapi sebagai arena tempaan diri. Puslatda menjadi ajang mengasah kemampuan, mempertajam insting juang, dan merancang strategi untuk menghadapi lawan dari berbagai daerah. Puslatda merupakan wujud nyata komitmen Pemda DIY untuk meraih prestasi tertinggi dan terbaik. 

BACA JUGA:Sri Sultan Hadiri Puncak Dhaup Ageng Pakualaman, Ijab Menggunakan Bahasa Jawa

“Saya harap seluruh atlet, dapat membangun semangat juang dan rasa percaya diri yang tinggi. Puslatda DIY hadir dengan tujuan mulia. Yakni memberikan bekal latihan terbaik bagi para atlet sebelum berkompetisi di Pekan Olahraga Nasional XXI Aceh-Sumut 2024 mendatang,” ungkap Sri Sultan pada Jumat (12/1/2024) di GOR Amongrogo, Yogyakarta.

Dia menjelaskan, PON merupakan kegiatan kejuaraan olahraga setiap empat tahun sekali. Momen tersebut ditunggu-tunggu seluruh insan olahraga di tanah air. PON bukan sekadar ajang pertandingan, namun juga merupakan puncak prestasi dari hasil pembinaan olahraga tingkat nasional yang melibatkan kontribusi dari setiap provinsi.

BACA JUGA:Bertemu Sri Sultan HB X, Ganjar Bahas Perkembangan Bangsa dan Negara

Sri Sultan menjabarkan, PON menjadi barometer keberhasilan daerah dalam pembinaan olahraga yang dipertandingkan secara nasional. Tidak hanya mengukur sejauh mana keunggulan atlet-atlet, tetapi juga sejauh mana semua pihak mampu menyatukan semangat dan komitmen dalam mencapai prestasi terbaik. Karena itu, keberadaan Puslatda menjadi sangat penting untuk menyiapkan SDM atlet berkualitas. 

“Saya mengajak seluruh atlet untuk berlatih dan bertanding dengan penuh semangat dan mengutamakan sportivitas. Raih prestasi setinggi-tingginya, namun jangan pernah lupakan nilai-nilai sportivitas yang menjadikan olahraga sebagai wahana kebersamaan dan persatuan,” imbau Sri Sultan.

Sri Sultan berharap, atlet-atlet yang akan berlaga harus melakukan persiapan dengan sungguh-sungguh. Atlet-atlet ini adalah pahlawan-pahlawan masa depan yang akan membawa nama baik DIY di kancah nasional. 

BACA JUGA:PW Muhammadiyah DIY Temui Sri Sultan HB X, Lakukan Kerja Sama untuk Wujudkan Kesejahteraan Masyarakat

”Mari kita jadikan Pusat Pelatihan Daerah ini sebagai tempat yang melahirkan atlet-atlet handal, penuh integritas, dan menjadi kebanggaan bagi Daerah Istimewa Yogyakarta. Mari bersama-sama kita wujudkan prestasi terbaik DIY di Pekan Olahraga Nasional XXI Aceh-Sumut 2024,” ujar Sri Sultan. (*)

Kategori :