Gopaylater vs Shopee Paylater, Lebih Baik Mana? Simak Perbandingannya Disini

Rabu 10-01-2024,15:30 WIB
Reporter : Penta Daniel Pratama
Editor : Syamsul Falaq

Seperti diketahui, Shopee Paylater atau Spaylater merupakan salah satu produk pinjman atau pembelian barang yang disediakan oleh layanan e-commerce ternama yakni Shopee. 

Sebagaimana fitur Paylater lainnya, tentu Shopee Paylater juga memiliki bunga yang akan dikenakan kepada penggunanya setiap bulannya.

BACA JUGA : Bagaimana Nasib Tagihan Pengguna Akulaku Setelah Layanannya Dihentikan Sementara? Simak Penjelasannya Disini

Jadi, untuk bunga Shopee Paylater yakni minimal 2,95 persen untuk program Beli Sekarang Bayar Nanti yang diselesaikan dalam waktu 1 bulan.

Sementara untuk program cicilan, bunga yang ditentukan akan disesuaikan dengan jangka waktu cicilan yang dipilih oleh pengguna. Yakni mulai dari 3, 6 dan 12 bulan. 

Untuk membayar tagihan, biasanya Anda mendapat notifikasi tagihan 10 hari sebelum tanggal jatuh tempo. Untuk rincian tagihan Shopee Paylater akan muncul setiap tanggal 1, tanggal 15, tanggal 21, atau tanggal 25, sesuai dengan periode tagihan yang dipilih.

Bukan hanya itu saja, di Shopee PayLater juga berlaku biaya penanganan sebesar 1 persen.

Sehingga, contoh perhitungannya yakni, apabila si A membeli barang seharga Rp 100.000, ketika ia memilih opsi PayLater 1 bulan, maka saat jatuh tempo harga yang harus dibayarkan untuk barang tersebut adalah sebesar Rp 103.950

 

Denda Terlambat Bayar Tagihan Shopee Paylater 

Melansir dari situs resminya, apabila pengguna  terlambat melakukan pembayaran tagihan Shopee PayLater, maka berdampak pada:

1. Dikenakan biaya keterlambatan sebesar 5 persen per bulan dari seluruh total tagihan yang Kamu milik.

BACA JUGA : Jangan Lengah, Sampai Kapan Pinjol Menagih Hutang Para Nasabah? Simak Penjelasannya Disini

Misalnya seseorang memiliki total tagihan sebesar Rp100.000, maka ketika terkena denda tagihan maka total yang harus dibayarkan menjadi Rp105.000. Jumlah tersebut akan terus meningkat setiap bulannya. 

2. Pembatasan akses fungsi di aplikasi dan penggunaan Voucher Shopee.

3. Peringkat kredit Anda di SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan) OJK yang dapat mencegah Anda untuk mendapat pembiayaan dari Bank atau perusahaan lain.

Kategori :