Jangan Sembarangan Beli, Ini 3 Tips Memilih Casing Handphone yang Tepat!

Sabtu 06-01-2024,11:30 WIB
Reporter : Ilham Farisandi
Editor : Syamsul Falaq

DISWAY JOGJA – Casing handphone sering kali hanya dianggap sebagai aksesoris atau barang tambahan untuk handphone. Padahal fungsinya sangat penting untuk melindungi handphone dari kerusakan ketika terjatuh atau terbentur.

Casing handphone saat ini memang tersedia dengan berbagai macam desain. Kita bisa memilih ingin yang lucu maupun elegan. Begitu pula ingin yang hanya satu warna atau berwarna-warni.

Manfaat penting casing handphone adalah untuk melindungi handphone kita. Dengan demikian, pemilihannya bukanlah hanya berdasarkan desainnya, namun optimalisasi dari fungsinya tersebut.

Kini, juga terdapat casing handphone yang didesain untuk memberikan fungsi tambahan. Misalnya dengan penambahan tali atau slot pocket. Bahkan ada casing yang berbentuk seperti dompet.

Dengan begitu, pengguna handphone bisa saja pergi tanpa membawa dompet atau tas karena sudah tersedia tali untuk membawa handphonenya dan slot pocket untuk menyimpan kartu atau uang.

Nah, agar fungsinya lebih optimal, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih casing. Berikut ini penjelasannya:

 

1. Pemilihan Bahan

Bahan yang cocok untuk casing adalah bahan yang lentur, tidak licin, dan memiliki kemampuan meredam benturan. Hal ini dimaksudkan agar ketika handphone terjatuh, casing dapat melindungi handphone dari keretakan atau pecah.

Apabila bahan casing adalah bahan yang keras dan dapat pecah, maka ditakutkan akan memperparah kerusakan handphone. Saat handphone terjatuh, casing akan ikut pecah hingga terlepas dan tidak dapat melindungi handphone kita.

Bahan terbaik yang dapat dipilih misalnya silikon, alcantara, dan serat karbon. Silikon adalah bahan yang lentur dan lembut, biasanya dicampur dengan mika untuk menghasilkan casing anticrack.

Adapun bahan alcantara adalah material yang dinilai tahan lama dan stylist. Bahan ini merupakan campuran dari poliester dan poliuretan sehingga memiliki tingkat perlindungan yang tinggi.

Sedangkan serat karbon merupakan bahan yang ringan sehingga tidak membuat handphone semakin berat. Serat karbon unggul dalam melindungi handphone dari benturan karena kekuatannya.

BACA JUGA : Ada Berapa Macam Tipe Charger? Ini Dia! 8 Tipe Charger HP yang Perlu Kamu Ketahui

 

Kategori :