Ada Berapa Macam Tipe Charger? Ini Dia! 8 Tipe Charger HP yang Perlu Kamu Ketahui

Minggu 31-12-2023,07:19 WIB
Reporter : Reza Maulana Basar
Editor : Reza Maulana Basar

1. USB Type-A

USB Type-A adalah tipe USB yang paling umum digunakan saat ini. Bentuknya persegi dan lebar, sering ditemukan di hampir semua desktop, laptop, periferal, serta adaptor perangkat mobile. Port ini sering digunakan untuk mengisi daya perangkat dan transfer data.

2. USB Type-B

USB Type-B, meskipun kurang terdengar, digunakan untuk menyambungkan printer dan scanner ke komputer. Popularitasnya menurun karena munculnya tipe USB yang lebih kecil dan efisien.

3. USB Type-C

USB Type-C semakin marak digunakan oleh laptop dan ponsel kelas menengah ke atas. Dengan desain oval di kedua sisinya, USB Type-C dapat dicolokkan dalam posisi terbalik. Tipe ini mampu mengalirkan daya dan mentransfer data lebih cepat.

4. Micro USB

Micro USB masih umum digunakan pada ponsel pintar dan powerbank. Dengan bentuk lebar dan pipih, Micro USB mudah ditemui dan cocok untuk transfer data dan pengisian daya baterai kamera digital.

BACA JUGA:5 HP Terbaru 2024 Dan Harganya, Catat Tanggal Rilisnya Jangan Sampai Ketinggalan!

5. Mini USB

Sebelum populeritas Micro USB, Mini USB banyak digunakan di perangkat mobile seperti ponsel, MP3 player, dan hard disk eksternal.

6. Lightning

Khusus untuk produk Apple, konektor Lightning digunakan untuk menghubungkan perangkat mobile seperti iPhone dan iPad ke komputer, adaptor listrik, dan power bank.

7. USB Micro B Superspeed

USB Micro B Superspeed jarang terlihat, namun sering digunakan untuk menghubungkan hard disk eksternal ke komputer dan televisi. Dengan kemampuan transfer data hingga 5 Gbps, tipe ini menawarkan kecepatan yang sangat tinggi.

8. USB OTG dari Remax

Kategori :