Rekomendasi 5 Produk Pinjaman Dana Tunai untuk Kebutuhan Mendesak Kalian!

Senin 11-12-2023,11:44 WIB
Reporter : M. Lutfi
Editor : M. Lutfi

DISWAY JOGJA - Sekalipun Anda menabung dan berinvestasi secara terencana, situasi keuangan Anda tidak terjamin selamanya. Anda mungkin berada dalam situasi darurat yang membutuhkan uang tunai segera. ika Anda berada dalam situasi seperti itu, Anda selalu dapat menggunakan pinjaman tunai.

Sesuai dengan namanya, pinjaman jenis  ini memberikan uang tunai yang dapat digunakan untuk berbagai  kebutuhan. bank dan lembaga keuangan yang bertindak sebagai kreditor juga terus menawarkan berbagai pilihan produk.

BACA JUGA:Jangan Sampai Keliru! Inilah 6 Perbedaan Paylater dan Kartu Kredit

Anda dapat memilih produk sesuai dengan kebutuhan dan fungsi Anda. Sebelum mengajukan pinjaman, Anda perlu mengetahui produk apa saja  yang ditawarkan  bank atau lembaga keuangan Anda. Pasalnya, setiap produk menawarkan fitur dan manfaat yang berbeda-beda. Berikut pilihan produknya:

1. Pelayanan Pegadaian

Pelayanan Pegadaian sebenarnya hampir sama dengan Kredit Bertujuan Umum (KMG). Pasalnya, untuk mendapatkan pinjaman, Anda perlu memberikan jaminan berupa aset yang berharga. Namun, layanan pegadaian biasanya menerima lebih banyak jenis aset daripada pinjaman tujuan umum.

Contohnya seperti menggadaikan perhiasan emas, produk elektronik, dll.

 2. Pinjaman Online

Pinjaman tunai online saat ini menjadi produk kredit yang banyak digemari masyarakat. Keunggulannya, pengajuan pinjaman mudah dan praktis. Sesuai dengan namanya, pinjaman ini diajukan dan diproses secara online sehingga Anda tidak perlu kemana-mana. Namun produk penarikan tunai yang tidak memiliki jaminan pribadi ini bisa berisiko jika Anda menggunakan lembaga keuangan yang salah. Pastikan memilih lokasi pembiayaan yang disetujui OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

BACA JUGA:Jangan Sampai Keliru! Inilah 6 Perbedaan Paylater dan Kartu Kredit

 3. Kartu Kredit

Penarikan Tunai Produk pinjaman tunai yang terakhir mungkin terasa asing bagi sebagian orang. Penarikan tunai kartu kredit adalah layanan yang memungkinkan Anda menarik uang tunai dari ATM menggunakan kartu kredit Anda. Namun, Anda memerlukan kartu kredit  bank untuk menggunakannya.

 4. Kredit Tanpa Agunan (KTA)

Selain General Purpose Loan (KMG), Kredit Tanpa Agunan (KTA) menjadi salah satu produk yang banyak dipilih masyarakat saat membutuhkan uang mendesak. Jika Anda memilih jenis pinjaman ini, Anda tidak perlu memberikan jaminan atau jaminan selama proses pengajuan. Namun ada syarat  yang harus dipenuhi agar kredit macet tidak terjadi. Selain itu, limit atau jumlah pinjamannya jauh lebih rendah dibandingkan pinjaman tujuan umum. Oleh karena itu, tidak dapat digunakan ketika diperlukan pinjaman dalam jumlah besar.

BACA JUGA:Cara Paling Realistis Atasi Terlanjur Terjerat Pinjol

Kategori :