Pamitan Kepala Disnakerin Kota Tegal, Pecah Tangis Nyanyi Lagu Broery

Senin 11-12-2023,07:00 WIB
Reporter : K. Anam Syahmadani
Editor : M. Fatkhurohman

TEGAL, DISWAYJOGJA - Tidak ada jabatan yang kekal di dunia ini. Begitu pula jabatan seorang k epala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kota Tegal yang diemban R . Heru Setyawan sejak 2018. Jabatan itu bakal segera berakhir. Heru yang akan purna tugas per 1 Januari 2024 mulai berpamitan dengan mitra kerjanya. Salah satunya, para perwakilan perusahaan.

BACA JUGA:Muskomwil III APEKSI di Solo, Wali Kota Tegal Dedy Yon Pamitan ke Anggota

Hari itu, Kamis, 7 Desember 2023, barangkali akan menjadi salah satu hari yang cukup emosional bagi seorang R . Heru Setyawan. Pejabat yang dikenal memiliki ide-ide bernas ini tak kuasa menahan tangis saat berpamitan dengan para perwakilan perusahaan yang menghadiri acara Sosialisasi Upah Minimum Kota Tegal Tahun 2024 di Hotel Bahari Inn.

BACA JUGA:Naik Sepeda, Kepala Dinas Dikbud Fahmi Kunjungi Pembangunan Sarpras SMPN 11 Kota Tegal

Seusai memaparkan materi sosialisasi, Heru sesenggukan saat menyanyikan lagu berjudul Pamit milik penyanyi legendaris Broery Marantika. “Ijinkan aku pergi. Apalagi yang engkau tangisi. Semogalah penggantiku. Dapat lebih mengerti hatimu,” lantun Heru dengan mata berkaca-kaca dan sontak membuat seisi ruangan berselimut rasa haru.

BACA JUGA:Disnakerin Kota Tegal Tegaskan Perusahaan Wajib Terapkan Struktur Skala Upah

Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Tenaga Kerja Isnawati beranjak membawakan sebungkus tisu untuk atasannya itu. Heru lalu melanjutkan lagunya. “ Memang berat kurasa. Meninggalkan kasih yang kucinta. Namun bagaimana lagi. Semuanya harus kujalani. Selamat tinggal kudoakan. Kau selalu bahagia. Hanya pesanku. Jangan lupa kirimkan kabarmu .”

BACA JUGA:2023 Target PAD Pariwisata Kota Tegal Rp5,3 Miliar, Kini Baru Capai Rp4,2 Miliar

Usai menyanyi, Heru mendapat kejutan berupa kue ulang tahun dengan angka 60, sesuai usia suami dari E Ratih Kus Andriani pada 7 Desember 2023. Kue dibawakan Kepala Bidang Perindustrian Widya Yudhawati bersama Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Tenaga Kerja Isnawati. Potongan kue diserahkan kepada Direktur PT MLB Haryanto sebagai yang tertua dalam ruangan.

BACA JUGA:Jelang Nataru di Kota Tegal, Keamanan Pangan Segar Asal Tumbuhan di Pasar Dipantau

Ada kisah unik dibalik hari lahir ayah dua orang anak tersebut. Secara de jure, Heru memiliki tanggal lahir 17 Desember 1963. Namun, secara de facto, Heru dilahirkan 7 Desember 1963. “Dulu ceritanya saat kelas satu sekolah dasar, di rapor saya menambahkan angka 1 pada 7 Desember, sehingga menjadi 17. Itu kemudian menjadi acuan seterusnya,” aku Heru.

BACA JUGA:Mengenal Nyamuk Wolbachia, Teknologi Biologis untuk Pengendalian Nyamuk DBD

Heru mengawali karirnya di Kota Tegal mulai 1991 menempati posisi sebagai Kasubsi Pembinaan Ideologi Pemerintah Kota Tegal hingga 2001. Selanjutnya menjadi Kasubag Pemerintahan Umum (2002-2005), Kasubag Kelembagaan dan Tata Laksana dan Kinerja Aparatur (2005-2009), Kabid Perizinan (2009-2012), Kabid Pemerintahan dan Sosial Budaya (2012-2014).

Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Ketahanan Pangan (2014-2016), Kepala Bidang Perpustakaan (2016-2017), Kabag Organisasi (2017-2018), dan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian (2018-2023). Selama berkarir, Heru meraih sederet penghargaan, di antaranya Outstanding Figure and Inspiring Visionary Leader of the Year 2021 dan Top Performing Leader of The Year dalam ajang Indonesian Business, Professional , and Education Award (IBPEA) 2023 .

BACA JUGA:3 Kesalahan yang Dilakukan Pengendara Mobil Ketika Hujan, Masihkah Kamu Melakukan Salah Satunya?

Dalam menjalankan tugasnya, kepala dinas kelahiran Klaten ini mengusung s pirit kerja if better is possible, good is not enough . “ Saya memegang spirit ikhlas , bermanfaat , berkarya bersama untuk mengajak teman-teman dalam banyak program, dan ternyata banyak yang mau membantu . Bahkan kadang tidak mengira, banyak pihak yang justru ingin bergabung tanpa diajak ,” ujar Heru.

Selain memiliki ide-ide bernas, Heru dinilai sebagai kepala dinas yang benar-benar kompeten menangani tenaga kerja dan perindustrian. Sekretaris Dewan Pimpinan Asosiasi Pengusaha Indonesia Provinsi Jawa Tengah Royke Joenan yang telah banyak berinteraksi dengan beberapa kepala Disnakerin memandang Heru tidak hanya menguasai kulit, namun juga mengelotok hingga isi-isinya.

BACA JUGA:Cegah Stunting! Ini dia 7 Makanan Bergizi yang dapat dikonsumsi Anak

Royke bahkan berseloroh semestinya Heru pensiun lebih cepat, sehingga bisa menjajal sebagai calon legislatif. “Saya juga mencatat hubungan industrial di Kota Tegal sangat kondusif, karena Pak Heru merangkul dan sangat dekat dengan stakeholder terkait. Pengusaha, pekerja, dan pemerintah dapat menjalin komunikasi dengan sangat baik,” ungkap Royke.

Sosok seorang Heru juga sangat menginspirasi mitra kerja. Salah satunya, Manager HRD PT Dongcai Garment Indonesia Ria Wasiat. “Saya sangat terinspirasi. Pak Heru selalu mensupport kami, tanpa pamrih apapun. Pak Heru merupakan sosok yang harus dibanggakan,” tutur Ria sembari mengucapkan selamat ulang tahun dan mendoakan Heru. (*)

Kategori :