6 Desa di Kabupaten Tegal Diterjang Puting Beliung, Polres Tegal dan BPBD Bergerak Cepat

Sabtu 11-11-2023,08:00 WIB
Reporter : Hermas Purwadi
Editor : M. Fatkhurohman

SLAWI , DISWAYJOGJA – Hujan deras terjadi di wilayah Kabupaten Tegal, Kamis (9/11/2023) petang. Hujan deras disertai angin putting beliung itu mengakibatkan rumah dan pohon tumbang. Kejadian itu menimpa 6 desa di 5 kecamatan.

BACA JUGA:Masuk Musim Hujan, Pemkab Gunungkidul Petakan Kerawanan Bencana

Dari data yang dihimpun, angin kencang yang mengakibatkan pohon tumbang dan rumah rusak itu terjadi di Desa Semboja , Kecamatan Pagerbarang ; Desa Cerih , Kecamatan Jatinegara ; Desa Banjaranyar dan Desa Danawarih , Kecamatan Balapulang; Desa Blubuk, Kecamatan Dukuhwaru, serta Desa Kedungsukun , Kecamatan Adiwerna .

BACA JUGA:Siap-siap! Ini Prediksi Awal Musim Hujan, BMKG: Waspadai Bencana Hidrometeorologi

Kapolres Tegal AKBP Mochammad Sajarod Zakun SAH SIK menyatakan , akibat bencana itu aksi cepat dilakukan sejumlah Polsek Jajaran Polres Tegal . Mereka kelima desa tersebut.

Dia menjelaskan, lokasi pertama berada di Desa Semboja , Kecamatan Pagerbarang . Dimana di lokasi itu beberapa rumah rusak dan pohon tumbang terjadi seki tar pukul 15.00 WIB.

BACA JUGA:BMKG Keluarkan Peringatan Dini Potensi Hujan Lebat di Seluruh Wilayah Jogja, Senin 26 Desember

” Ada 7 rumah warga yang  mengalami kerusakan dengan kerugian materiil ditaksir Rp58 juta. Kerusakan mulai dari tembok, atap, sampai dengan ruang dapur ambruk, ” kata AKBP Mochammad Sajarod Zakun , Jumat (10/11 /2023 ).

BACA JUGA:10 Manfaat Luar Biasa dari Air Hujan yang Lebih dari Sekadar Tetesan Air dari Langit

L okasi kedua berada di Desa Cerih , Kecamatan Jatinegara. Menurut dia, hujan deras disertai angin puting beliung itu mengakibatkan 3 orang korban mengalami kerugian material . Antara lain, atap rumah, kerangka rumah, hingga rumah yang terimpa pohon petai. ” Total kerugian senilai Rp8 juta ,” jelasnya.

Selanjutnya , kata dia, terdapat dua lokasi terdampak yang berada di Kecamatan Balapulang. Yakni di Desa Banjaranyar, RT 01/01 dan Desa Danawarih. Di Banjaranyar, angina puting beliung mengakibatkan satu unit bangunan rumah yang sedang dibangung menggunakan bahan kayu roboh. Beruntung kejadian tersebut tidak menimbulkan korban j i wa . ”Akibat kejadian itu, 3 orang luka-luka dan telah mendaptkan perawatan medis di RSUD Soeselo, ” ungkapnya.

Sementara di Desa Danawarih , terdapat pohon tumbang menutup akses lalu lintas di jalan utama menuju ojek wisata Guci. ”Pohon tumbang langsung mendapatkan evakuasi dari warga,  Polres Tegal, dan BPBD . S elama kurang lebih 60 menit, arus lalu lintas kembali lancar ,” jelasnya.

Dia menambahkan, pada lokasi kelima, musibah terjadi di R T 10/02 , Desa Kedungsukung , Kecamatan Adiwerna . Di desa tersebut mengakibatkan 2 buah tiang PLN roboh menimpa atap rumah warga. Korban yang sedang berada di rumah menyaksikan atap rumah yang berbahan baja ringan terbang terbawa angin.

” Seluruh kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa dan telah mendapatkan penanganan dari Polres Tegal beserta masing-masing instansi terkait, ” imbuhnya .

Selain di lima desa itu, ada pula desa lainnya yakni Desa Blubuk, Kecamatan Dukuhwaru yang dilanda hujan deras disertai putting beliung. Di Desa Blu b uk itu, angina puting beliung mengakibatkan 1 pohon tumbang dan menimpa rumah milik Casminah.

” Kerugian ditaksir mencapai Rp20 juta. Kerusakan juga menimpa dapur bambu yang roboh di areal makam dan dapuran bambu yang menimpa salah satu rumah warga, ” kata Kalak BPBD Kabupaten Tegal Elliya Hidayah .

Dia menjelaskan, setelah kejadian itu, tim dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD ) Kabupaten Tegal pun bergerak ke lokasi melakulan kegiatan assesment. Sebab, terjangan puting beliung mengakibatkan puluhan pohon tumbang, tiang listrik roboh dan rumah warga rusak.

Untuk kegiatan assesmen , relawan penanggulangan bencana yang berada didekat lokasi langsung menuju ke titik bencana membantu evakuasi pohon tumbang dan dap u ran bambu yang tumbang. (*) 

Tags :
Kategori :

Terkait