Sering dijadikan Keripik, Ini 8 Manfaat Belut untuk Kesehatan

Selasa 12-09-2023,04:00 WIB
Reporter : Nisa’a Nurusysyifa
Editor : Nisa’a Nurusysyifa

DISWAYJOGJA.ID - Belut termasuk dalam jenis ikan air tawar yang memiliki nama berbeda di berbagai daerah. Belut umumnya hidup disawah atau bersembunyi dibalik lumpur yang licin.

Nah, tidak hanya lezat dijadikan hidangan, belut ternyata memiliki sejumlah manfaat yang baik untuk kesehatan manusia. Berikut delapan manfaat belut yang wajib kamu tahu, baca sampai selesai ya!

1. Sumber protein tinggi

Tahukah kamu? Belut mengandung protein tinggi yang sangat bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan otot tubuh. Protein ini juga membantu memperbaiki jaringan tubuh yang rusak dan mempercepat proses pemulihan setelah latihan atau cedera. Kandungan protein yang cukup tinggi pada belut, membuatnya cocok menjadi sumber protein untuk konsumsi sehari-hari.

BACA JUGA:9 Khasiat Buah Bidara untuk Kesehatan, Si Penghuni Surga yang Kaya Manfaat!

2. Kaya akan asam lemak omega-3

Selain protein, belut juga mengandung asam lemak omega-3 yang penting untuk kesehatan tubuh. Asam lemak omega-3 ini dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, meningkatkan fungsi otak, dan mengurangi peradangan dalam tubuh. Omega-3 juga berperan dalam menjaga kesehatan kulit dan rambut. 

3. Sumber mineral

Belut mengandung berbagai mineral penting seperti zat besi, fosfor, kalsium, magnesium, hingga kalium. Mineral sendiri merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan dalam jumlah banyak untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Zat besi penting untuk pembentukan sel darah merah, sementara kalsium dan fosfor diperlukan untuk kesehatan tulang dan gigi. Sedangkan magnesium dan kalium berperan dalam menjaga keseimbangan air dalam tubuh serta turut berkontribusi pada fungsi otot dan sistem saraf.

BACA JUGA:8 Keajaiban Buah Melinjo bagi Kesehatan, Si Kecil Kaya Manfaat yang Terlupakan

4. Sumber vitamin

Tak hanya kaya akan mineral, belut juga mengandung berbagai vitamin penting seperti vitamin A, vitamin B kompleks dan vitamin E. Vitamin A sangat baik untuk kesehatan mata dan sistem kekebalan tubuh.

Sementara vitamin B kompleks berperan dalam menjaga kesehatan sistem saraf dan mengubah makanan menjadi energi. Vitamin E sendiri merupakan antioksidan yang membantu melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Kaya manfaat banget ngga tuh!

5. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Serat makanan yang terkandung dalam belut dapat membantu mengatur sistem pencernaan dan mencegah sembelit loh. Ini karena serat membantu melancarkan proses pergerakan usus dan meningkatkan penyerapan nutrisi dari makanan yang dikonsumsi. 

Tak hanya itu, belut juga mengandung enzim yang dapat membantu memecah protein, lemak, dan karbohidrat dalam makanan, sehingga memudahkan sistem pencernaan untuk mencerna makanan dengan lebih optimal.

BACA JUGA:Bikin Perut Keroncongan, Ini 7 Resep Tumis Sederhana dan Mudah dibuat!

6. Meningkatkan daya tahan tubuh

Belut mengandung senyawa bioaktif seperti glukosamin, kolagen, dan kompleks peptida yang terbukti memiliki efek imunomodulator. Senyawa-senyawa ini dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari serangan penyakit. 

Selain itu, belut juga mengandung senyawa antioksidan yang mampu melawan radikal bebas dan mengurangi risiko penyakit degeneratif seperti kanker, diabetes, hingga penyakit jantung. Bikin pengin makan belut ini sih.

7. Menjaga kesehatan kulit

Menurut beberapa penelitian, kandungan kolagen dalam belut bisa memberikan manfaat untuk kesehatan kulit loh. Kolagen merupakan protein yang penting untuk menjaga kekenyalan, kelembapan, dan elastisitas kulit. Mengonsumsi belut secara teratur dapat membantu memperbaiki jaringan kulit yang rusak dan mengurangi tanda-tanda penuaan seperti keriput dan garis halus.

BACA JUGA:Bahaya! 12 Makanan ini Ngga Boleh dikonsumsi Bersamaan, No 1 Efeknya Paling Serem!

8. Meningkatkan kualitas tidur

Selain kolagen, belut juga mengandung triptofan yang dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Triptofan berperan dalam memproduksi serotonin dan melatonin, neurotransmiter yang mengatur siklus tidur dan suasana hati. Dengan meningkatkan asupan triptofan melalui konsumsi belut, kamu dapat merasa lebih rileks dan tidur lebih nyenyak.

 

Demikian delapan manfaat belut yang baik untuk kesehatan tubuh. Konsumsilah dengan cara yang tepat dan jangan lupa perhatikan kebersihan dan proses pengolahan untuk mendapatkan manfaat lebih optimal.

Jika memiliki alergi, jangan sungkan untuk konsultasi pada dokter sebelum mengkonsumsinya ya. Semoga bermanfaat!

Kategori :