Catat 10 Manfaat Petai untuk Kesehatan, Bisa Redakan Stress!

Jumat 08-09-2023,17:30 WIB
Reporter : Nisa’a Nurusysyifa
Editor : Nisa’a Nurusysyifa

DISWAYJOGJA.ID - Petai, atau yang juga dikenal sebagai pete merupakan buah yang sering digunakan dalam masakan Asia Tenggara, terutama di Indonesia, Malaysia, dan Thailand.

Tanaman yang memiliki nama latin parkia speciosa ini biasanya dikonsumsi secara langsung atau dijadikan sebagai pendamping berbagai olahan makanan. Rasanya yang unik memberikan sentuhan yang berbeda pada masakan. Tak hanya lezat, petai juga memiliki aroma khas yang siap membuat masakanmu makin sedap.

BACA JUGA:9 Khasiat Buah Bidara untuk Kesehatan, Si Penghuni Surga yang Kaya Manfaat!

Dibalik kelezatannya itu ternyata petai memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. Berikut adalah 10 manfaat petai untuk kesehatan dan kandungan baiknya:

1. Menjaga Kesehatan Tulang

Siapa disini yang baru tahu kalau petai bermanfaat untuk kesehatan tulang? Yap, petai mengandung kalsium dan magnesium yang sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang. Kalsium membantu membangun dan memperkuat tulang, sedangkan magnesium bertugas membantu penyerapan kalsium ke dalam tulang.

2. Meningkatkan Kesehatan Mata

Petai mengandung karotenoid, seperti beta-karoten, lutin, dan zeaxanthin, yang baik untuk kesehatan mata. Karotenoid ini dapat melindungi mata dari kerusakan radikal bebas dan membantu mencegah degenerasi makula yang menyebabkan penuaan.

BACA JUGA:9 Khasiat Luar Biasa Buah Zaitun untuk Kesehatan, Buah Surga yang disebut dalam Al-Qur'an

3. Menjaga Kesehatan Kulit

Selain kalsium, petai juga mengandung vitamin C, yang penting untuk kesehatan kulit. Senyawa in berperan dalam produksi kolagen, yang mempromosikan elastisitas kulit dan membantu melawan kerusakan akibat paparan sinar matahari dan radikal bebas. Wah, luar biasa ngga sih!

4. Meningkatkan Energi

Pada petai, terdapat juga karbohidrat kompleks, yang merupakan sumber energi baik bagi tubuh. Karbohidrat kompleks ini memberikan energi yang lebih tahan lama, sebagai bekal menjalani aktivitas sehari-hari.

5. Mengurangi Risiko Anemia

Petai mengandung zat besi, yang sangat penting dalam produksi sel darah merah. Mengonsumsi petai dapat membantu mencegah atau mengatasi anemia, yakni suatu kondisi defisiensi zat besi yang ditandai dengan kekurangan sel darah merah.

BACA JUGA:12 Khasiat Daun Kelor untuk Kesehatan, Bisa Cegah Penuaan Dini!

6. Menjaga Kesehatan Mental

Kandungan asam amino triptofan pada petai, dapat membantu meningkatkan produksi serotonin dalam otak. Serotonin sendiri merupakan neurotransmitter yang berperan penting dalam meredakan stres, meningkatkan mood, dan mengatur tidur. Meningkatnya produksi serotonin dapat membantu menjaga kesehatan mental dan mengurangi risiko depresi. 

7. Sumber Vitamin dan Mineral

Petai kaya akan kandungan vitamin dan mineral penting seperti vitamin C, vitamin B6, vitamin K, magnesium, dan kalium. Vitamin dan mineral ini penting untuk menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan serta mendukung fungsi organ-organ yang baik.

8. Menjaga Sistem Pencernaan

Kandungan serat makanan yang tinggi pada petai, dapat membantu meningkatkan fungsi sistem pencernaan loh. Serat dipercaya dapat membantu memperlancar proses pencernaan, mencegah sembelit, hingga menjaga kesehatan usus.

BACA JUGA:8 Khasiat Brotowali untuk Kesehatan Tubuh, Si Pahit yang Kaya Manfaat!

9. Menurunkan Kolesterol

Petai mengandung sterol tumbuhan, yakni senyawa yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

10. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Selain menurunkan kolesterol, petai juga mengandung kalium yang dapat membantu menjaga tekanan darah supaya tetap stabil. Kalium ini bekerja dengan memperluas pembuluh darah dan mengurangi ketegangan pada dinding pembuluh darah, sehingga secara tidak langsung dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

 

Nah, itulah 10 manfaat petai bagi kesehatan. Mengonsumsi petai secara teratur dapat membantu menjaga kesehatan organ-organ penting dalam tubuh, mengurangi risiko penyakit, serta memberikan energi dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Kamu bisa menambahkannya diberbagai olahan masakan, tapi ingat, jangan berlebihan ya. Semoga bermanfaat!

 

Kategori :