89 Mahasiswa Baru UPN Jogja Dilarikan ke RS, Diduga Keracunan Makanan Saat Outbond Ospek

Sabtu 19-08-2023,12:57 WIB
Reporter : Ismail F
Editor : Ismail F

Peristiwa keracunan masal maba UPN Jogja itu terjadi saat hari keenam rangkaian kegiatan ospek saat sesi outbound dan inbound.

“Jadi memang yang sudah ikut outbond pada Rabu kemudian Jumat-nya tinggal indbound di kampus,” terang Penanggung jawab PKKBN dari mahasiswa, Ekita Samudra Tuahta.

Menurutnya, acara outbond berisi berbagai kegiatan ketangkasan seperti dari gim hingga panjat tebing. 

Kejadian maba mulai mengeluhkan kesehatan terjadi saat outbond kedua di Yonmek 403. Tepatnya saat maba sedang makan sekitar pukul 12 hingga 13 siang. Beberapa waktu setelahnya, mulai ada keluhan-keluhan terkait perut panas hingga mual. Hal itu diduga berasal dari makanan yang sudah tidak layak.

Makanan Tak Layak dari Yonmek?

Samudra menegaskan bahwa konsumsi saat berkegiatan outbond bukan dari panitia mahasiswa maupun universitas. Penyedia konsumsi adalah tempat lokasi outbond sementara universitas menyediakan dananya.

“Ini kalau buat catering bukan dari mahasiswa dan kampus, ini langsung dari Yonmek,” ujarnya.

Saat itu, mahasiswa yang mengeluhkan ketidaknyamanan mengonsumsi nasi dengan lauk ayam balado, oseng tempe, dan mie kuning. Samudra menuturkan, lauk dengan kondisi tidak layak berasal dari ayam dan mie kuning.

“Dari beberapa keluhan yang saya dengar itu mereka merasakan ayam dan mie seperti basi,” kata Samudra.

Setelah sekitar satu jam berselang mulai ada yang mengeluhkan mual dan perut panas. Mahasiswa mulanya mengira ini karena efek kecapekan. Namun, setelah melihat kondisi serupa terjadi kepada yang lain, mereka melapor.

“Setelah itu panitia bilang di grup, kalau ada yang mual bisa langsung melapor. Akhirnya dikirim langsung ke beberapa rumah sakit,” ujarnya.

Kategori :