Selain Buahnya yang Cantik, Ini Dia 7 Manfaat Luar Biasa Buah Delima untuk Kesehatan

Jumat 11-08-2023,20:34 WIB
Reporter : Azah Ilma Nuryana
Editor : Azah Ilma Nuryana

5. Manfaat Kulit dan Kecantikan

Antioksidan dalam buah delima dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari dan polusi. Juga diyakini dapat membantu memperbaiki kerusakan kulit dan merangsang produksi kolagen.

6. Perlindungan terhadap Kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa dalam buah delima, seperti punicalagin dan ellagic acid, memiliki potensi dalam melawan pertumbuhan sel kanker, terutama kanker payudara dan prostat.

7. Pengaturan Gula Darah

Buah delima memiliki indeks glikemik rendah, yang dapat membantu mengatur kadar gula darah. Ini membuatnya menjadi pilihan yang baik bagi individu dengan diabetes atau mereka yang ingin menjaga tingkat gula darah yang sehat.

BACA JUGA: Selain Mengobati Batuk, Ini Dia 10 Manfaat Buah Pear Rebus (Kukus) : Kelezatan yang Dibalut Kesehatan

Cara Memilih dan Menyimpan Buah Delima

Ketika Anda memilih buah delima, carilah yang memiliki kulit yang berwarna cerah, merata, dan tanpa kerut atau noda besar. Bobot buah yang berat menunjukkan bahwa buah ini memiliki banyak isi biji dan lebih segar.

Selain itu, perhatikan juga keadaan kulit yang tidak rusak.

Untuk menyimpan buah delima, Anda dapat melakukan hal berikut:

  • Di Suhu Ruangan: Buah delima dapat disimpan di suhu ruangan selama beberapa hari. Pastikan tempat penyimpanan tidak terlalu lembap atau terkena sinar matahari langsung.
  • Di Kulkas: Jika Anda ingin menyimpannya lebih lama, simpan buah delima di kulkas dalam kantong plastik atau wadah kedap udara. Buah delima biasanya bisa bertahan selama beberapa minggu di kulkas.

Tips Mengolah Buah Delima:

1. Mengiris Biji

Salah satu tantangan saat mengolah buah delima adalah mengeluarkan bijinya. Cara termudah adalah memotong kedua ujung buah, kemudian membuat potongan memanjang pada kulit.

Kemudian, gunakan tangan untuk memisahkan bagian-bagian buah, dan akhiri dengan mengeluarkan biji-biji dengan lembut.

2. Ekstrak Jus

Kategori :