Simak! 5 Manfaat Jamur Enoki Bagi Tubuh, Dapat Meningkatkan Daya Ingat

Jumat 11-08-2023,16:26 WIB
Reporter : Bayu Trijaya Poetra Pratama
Editor : Bayu Trijaya Poetra Pratama

DISWAY   JOGJA- Akhir-akhir ini kita sering mendengar jamur enoki. kebanyakan kita mendengar kata enoki dari makanan-makanan yang berbau khas korea. Ciri khas rasa dari jamur enoki memiliki rasa yang renyah dan sangat lembut. Selain itu, jamur ini bisa dibuat berbagai masakan dan dikenal juga dengan jamur musim dingin. jamur ini menyebar di berbagai penjuru dunia seperti Amerika utara,Eropa dan Asia.

Di asia sendiri jamur ini banyak dikonsumsi sebagai bahan makanan pokok yang tentunya memiliki cita rasa yang unik dan lezat. Jamur ini dapat diberi di berbagai tempat seperti pasar tradisional,mall, maupun toko online dengan harga yang dikategorikan terjangkau untuk sipapun.

 BACA JUGA:Selain Mengobati Batuk, Ini Dia 10 Manfaat Buah Pear Rebus (Kukus) : Kelezatan yang Dibalut Kesehatan

fungsi jamur enoki adalah sebagai sumber protein hingga sumber serat penting.

Berikut ini adalah 5 manfaat yang wajib kamu ketahui tentang jamur enoki antara lain:

1.Dapat Mendukung Kesehatan Jantung

Jamur Enoki sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung. dalam beberapa penlitian meneukan bahwa kandungan antioksidan jamur enoki dalam membantu memperlambat pertumbuhan ateroklerosis yang dapat menyebabkan menyebabkan penyakit jantung yang disebabkan karena penumpukan flek lemak yang berada di dalam arteri.

dalam penelitian lain menunjukan bahwa jamur enoki yang telah diekstrak dapat menurunkan tekanan darah tinggi, kadar trigliserida dan kolestrol dalam darah. Dengan mengkonsum,si jamur ini diharapkan anda bisa menangkal penyakit jantung yang mana meenjadi penyakit yang paling mematikan saat ini.

 BACA JUGA:Bermasalah Dengan Wajah Anda? Berikut 6 Manfaat Buah Kedondong Baik Untuk Merawat Kulit.

2. Dapat meningkatkan Fungsi Otak

Jamur Enoki juga bisa mningkatkan fungsi syaraf otak sehingga bisa untuuk memperkuat memori dalam otak mencegah pikun. Jaddi, jamur enoki sangat bagus untuk anda yang ingin menjaga fungsi pengingat anda agar tidak mudah lupa.

3. Dapat meningkatkan imunitas Manfaat jamur enoki juga bisa meningkatkan imunitas tubuh. Kandungan antioksidannya membuat fungsi jamur enoki mungkin memiliki khasiat meningkatkan kekebalan tubuh. Menurut sebuah penelitian pada hewan, pemberian senyawa yang diekstraksi dari jamur enoki ke tikus meningkatkan kadar kekebalan tubuh. Dalam penelitian lain pada tikus dengan infeksi pernapasan karena virus, protein jamur enoki mengurangi peradangan saluran napas. Imunitas sangat penting bagi tubuh kita untuk mencegah masuknya penyakit sehingga biar tetap fit dan sehat.  Hal ini jika anda melakukan konsumsi Jamur Enoki secara teratur dan tidak berlebihan.

4. Kayak Akan Antioksidan

Jamur Enoki   kaya akan antioksidan yang dapat menentralkan radikal bebas dalam tubuh yang berguna untuk melindungi sel dari berbagai macam kerusakan dan stres oksidatif. selain itu antioksidan dapat mencegah berbagai macam penyakit yaitu jantung,diabetes tipe 2 dan kanker.

dalam penelitian diketahui bahwasanya jamur enoki memiliki banyak anti oksidan yang berguna untuk tubuh antara lain Pragalol, Asam ellagic, Asam Ferulat,Querecetin.Asan Klorogenat, Asam caffeic.    Beberapa anti oksidan itu baik untuk tubuh dan terdapat di seluruh elemen dari jamur Enoki. Jadi, benar jika Jamur Enoki ini bisa memberikan manfaat yang baik untuk tubuh.

5. Jamur enoki   serba guna dan lezat untuk berbagai masakan

Jamur Enoki memiliki manfaat dan serbaguna bisa dijadikan berbagai macam makanan untuk dikonsumsi. selain itu, peminat jamur enoki cukup banyak karena memiliki rasa yang lezat dan tekstur yang lembut. Salah satu cara untuk pembuatan jamur   enoki ini yaitu semur, sup, salad,grill dan lain sebagainya . jangan lupa sebelum anda mengkonsumsi jamur enoki harus dicuci bersih agar nantinya tidak meninggalkan kotoran yang tidak baik untuk kesehatan tubuh.

BACA JUGA:Berikut! 7 Manfaat Daun dan Batang Serai Yang Baik Untuk Tubuh

itulah 5 manfaat jamur Enoki yang wajib kalian tahu.***

Kategori :