4 Panduan Memilih Gitar Elektrik Pertamamu

Rabu 09-08-2023,22:20 WIB
Reporter : Mohamad Ziaul Bilad
Editor : Mohamad Ziaul Bilad

DISWAYJOGJA.ID - Gitar listrik banyak dipilih karena menghadirkan suara yang bisa menjangkau luas dan banyak digunakan oleh gitaris beraliran jazz. Gitar elektrik pertama dibuat oleh pabrik Rickenbacker di tahun 1931. Kemudian, popularitas gitar listrik berkembang seiring kebangkitan grup band di tahun 1940 hingga sekarang.

 

Tentu memilih alat musik yang tepat membutuhkan beberapa panduan. Misalnya, bentuk gitar, bobot, bahan, serta kualitas karena banyak gitar listrik yang juga dibanderol dengan harga murah tetapi kualitasnya rendah, atau sebaliknya.

BACA JUGA:Rekomendasi 9 Merk Senar Gitar Akustik

Panduan Memilih Gitar Elektrik Pertamamu

 

Sesuaikan dengan Budget

 

Gitar bukan menjadi kebutuhan pokok dan bisa dibilang sebagai barang mahal, apalagi gitar elektrik. Oleh karena itu, sebelum membeli, sebaiknya siapkan dan sesuaikan anggaran dengan tipe atau merek gitar elektrik incaran kamu. Saat ini, pilihan gitar elektrik sangat banyak dan mudah didapat, tergantung budget yang kamu miliki, maka kamu bisa mendapat gitar listrik idaman.

 

Jika sempat menabung, maka sebaiknya kamu menyisihkan uang agar bisa membeli gitar elektrik yang mumpuni. Gitar elektrik yang bagus biasanya didukung dengan bahan serta kualitas yang bagus. Namun, harganya bisa jadi sangat mahal. Jika kamu memiliki anggaran yang mepet, sebaiknya kamu memilih gitar elektrik dengan kualitas menengah.

 

Pilih Model yang Paling Kamu Suka

BACA JUGA:Cara Memilih Senar Gitar Akustik Dengan Tepat

Banyak musisi yang begitu terikat secara personal dengan alat musik mereka sehingga tidak heran jika para gitaris memperlakukan gitar mereka dengan baik. Persoalan gitar bagi musisi memang tidak terbatas pada kualitas saja tetapi juga desain dan tampilan gitar agar mereka percaya diri saat bermain.

 

Oleh itu, para pemula juga dianjurkan memilih model gitar yang disukai dan nyaman ketika dimainkan dan sesuaikan dengan aliran musik yang diikuti karena hal ini bisa menjadi dukungan tampilan. Misalnya, gitar untuk gitaris beraliran rock n roll, biasanya memiliki tampilan gagah cenderung berani dengan motif abstrak serta warna-warna mencolok.

 

Jangan sampai lupa untuk mencoba memainkan gitar agar kamu bisa menilai apakah dawainya bisa mudah dimainkan dan bobot gitar nyaman untuk kamu tahan. Pastikan dawai tidak mudah putus dan suara yang dihasilkan gitar sesuai dengan yang kamu inginkan.

 

Pertimbangkan Spesifikasi Produk

 

Saat ini, banyak yang ingin membeli gitar tanpa harus repot datang ke toko. Hal ini boleh-boleh saja tetapi ada beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan saat membeli alat musik secara online. Selain memperhatikan jaminan keaslian dan garansi, kamu juga harus membaca dan mempertimbangkan spesifikasi produk.

 

Spesifikasi ini meliputi bodi gitar, apakah solid atau tidak? Kemudian, bacalah keterangan soal material kayu yang dipakai untuk membuat gitar tersebut. Berikutnya, perhatikan juga neck gitar karena bagian ini akan berpengaruh terhadap kualitas.

 

Pastikan neck gitar masih dalam keadaan baik, tidak bengkok, serta tidak memiliki cacat. Selanjutnya, perhatikan deskripsi kekuatan fret. Dianjurkan memilih gitar dengan fret yang keras agar tidak mudah terkikis.

 

Hal lain yang harus diperhatikan adalah pickup karena komponen ini berfungsi untuk mengubah sinyal analog menjadi digital. Pick up bisa kamu pilih berdasarkan dua kategori yakni jenis magnetic serta piezoelectric. Pilih juga gitar yang memiliki bridge baik dan memudahkan pemasangan senar serta pilih gitar yang menghasilkan intonasi baik dan tidak sumbang.

BACA JUGA:3 Rekomendasi Gitar Akustik dan 5 Perawatan Gitar Akustik, Wajib Kalian Tahu, Apalagi Orang yang Suka Musik

Membeli Yang Original

 

Ada harga, ada rupa. Mungkin kalimat ini sering kamu dengar ketika akan berbelanja. Biasanya, kalimat seperti ini tercetus saat seseorang merasa puas akan barang yang dibeli, atau sebaliknya.

 

Harga barang asli biasanya memang lebih tinggi daripada harga barang palsu atau KW. Namun, kualitas barang asli biasanya jauh lebih baik dan memuaskan. Untuk itu, para pembeli dianjurkan membeli barang resmi dan asli, demikian juga saat memilih gitar.

 

Dapatkan gitar bermerek di toko resmi yang memang berafiliasi dengan perusahaan alat musik, misalnya seperti Yamaha. Untuk memastikan keasliannya, kamu bisa menjajal gitar yang akan dibeli. Lihat dari tampilan gitar sebab gitar yang asli akan memiliki detail finishing yang rapi dan apik.

 

Soal suara, tidak perlu ditanyakan lagi karena gitar asli akan memberi suara yang jernih dan tidak fals.

 

Demikianlah panduan memilih gitar elektrik bagi pemula, yang harus diketahui sebelum meminang gitar-gitar idaman kamu. Karena itu, sebelum menuju sesuatu yang diinginkan seyogyanya agar memperhatikan hal-hal yang lebih mendasar mengenai hal tersebut. Selamat mencoba! Semoga bermanfaat.(*)

Kategori :