Pengetahuan Dasar Mengenai Biola. Baik Pengertian, Sejarah Dan Bagian-bagianya

Selasa 08-08-2023,14:43 WIB
Reporter : Mohamad Ziaul Bilad
Editor : Mohamad Ziaul Bilad

 

3. Jembatan Biola

 

  Jembatan Biola merupakan bagian yang berperan sebagai penahan senar di bagian badan biola. Jembatan biola ini dihiasi dengan pahatan dari kayu maple.

  Selain menahan senar, jembatan biola juga berperan menghantarkan getaran suara dari senar ke badan biola. Jembatan ini dapat digerakkan untuk menyetel bunyi yang dihasilkan biola.

 

4. Ekor Biola

 

  Bagian ekor biola adalah tempat dimana senar bagian bawah disematkan dan diselipkan ke dalam masing-masing dari keempat lubang senar.

  Khusus untuk senar nada E juga ditambahkan penyetel tambahan yang berguna mempermudah penyetelan. Namun, beberapa pemain tidak mau menambahkan penyetel tambahan karena dapat menambah beban biola serta mempengaruhi suara yang dihasilkan.

BACA JUGA:Jenis Alat Musik Tradisional Jawa Tengah Yang Perlu Diketahui

5. Busur Biola

 

  Busur biola merupakan alat penggesek yang dibuat dari sebatang kayu pernambuco dan kayu brasil, serta dilengkapi dengan beberapa helai rambut kuda yang dipasang dari satu ujung tongkat ke bagian ujung lainnya.

  Rambut yang dipilih biasanya adalah rambut ekor kuda putih jantan, sementara untuk busur yang lebih murah biasanya hanya menggunakan serat sintetis. Pada bagian ujung bawah biola terdiri dari sekrup, pegangan jempol, dan frog.

  Cara merawat Busur Biola adalah dengan cara rajin menggosoknya dengan gala, sehingga daya cengkram busur ke sar menjadi lebih kuat dan stabil, sehingga tidak mudah lepas dan membantu menambah daya getar suara.

Kategori :