Asam Lambung Naik Ketika Beraktivitas? Berikut 7 Tips Mengatasinya

Minggu 06-08-2023,14:11 WIB
Reporter : Annas Rifki
Editor : Annas Rifki

DISWAY JOGJA -  Asam lambung yang naik tiba-tiba saat beraktivitas dapat mengganggu rutinitas sehari-hari dan mengurangi produktivitas. Beberapa orang mungkin akan merasa kehilangan fokus, merasa tidak nyaman, dan bahkan mengalami sakit yang intens.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara mengatasi asam lambung naik yang tiba-tiba kambuh saat beraktivitas.

BACA JUGA:Asam Lambung Meningkat? Jangan dibiarkan! Ini 7 Bahaya Asam Lambung Berlebih

Mengenal Asam Lambung Naik

Asam lambung naik, atau gastroesophageal reflux disease (GERD) dalam istilah medis, adalah kondisi di mana asam lambung naik ke kerongkongan (esophagus) akibat melemahnya katup antara lambung dan kerongkongan.

Ada beberapa faktor yang berperan dalam meningkatkan risiko asam lambung naik, seperti kelebihan berat badan, merokok, makan berlebih, stres, dan konsumsi makanan pemicu asam.

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Saat Beraktivitas

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi asam lambung naik yang tiba-tiba kambuh saat beraktivitas:

1. Atur Pola Makan

Makan dengan porsi lebih kecil namun dalam frekuensi yang lebih sering. Hindari makan sekaligus dalam porsi besar, karena hal ini akan menambah beban pada lambung dan dapat memicu asam lambung naik.

2. Jaga Asupan Makanan

Pantau asupan makanan yang dikonsumsi, dan sebaiknya hindari makanan pemicu asam seperti makanan pedas, asam, berlemak, dan berminyak. Gantilah dengan makanan yang lebih sehat seperti sayur-sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian.

3. Minum Air Hangat

Ketika asam lambung kambuh, minum air hangat bisa membantu meredakan rasa tidak nyaman dan mengencerkan asam yang naik ke kerongkongan. Minum air hangat perlahan-lahan dan konsisten.

BACA JUGA:Tips Mengelola Asam Lambung dan GERD: Penanganan yang Efektif untuk Kesehatan Lambungmu

4. Minum Madu Murni

Madu murni memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan alami yang baik untuk melawan peradangan dan melindungi kerongkongan. Minum satu sendok makan madu murni atau mencampurkannya dalam segelas air hangat saat asam lambung naik.

5.  Istirahat dan Posisi Tidur Miring

Jika asam lambung naik tiba-tiba saat beraktivitas, coba berhenti sejenak dan beristirahat, bergantilah posisi tidur dengan miring 45 derajat ke arah sebelah kiri. Posisi ini membantu asam lambung tetap di tingkat yang lebih rendah dan mencegahnya naik ke kerongkongan.

6. Penggunaan Obat

Jika asam lambung naik sudah sangat mengganggu, pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan dokter dan menggunakan obat yang diresepkan seperti antasida, H2-reseptor antagonis, atau penghambat pompa proton (PPI) sesuai dengan anjuran dokter.

7.Kelola Stres

Kategori :