Buka Tiktok Ngga Dapet Apa-apa? Ini Dia 4 Cara Supaya Kita Dapet Uang Dari Tiktok yang Gampang

Rabu 02-08-2023,11:36 WIB
Reporter : Muhammad Hilmi Simatul Abror
Editor : Muhammad Hilmi Simatul Abror

DISWAY JOGJA - Jangan remehkan kegemaran Anda beraksi maupun berjoget di depan layar ponsel, karena Anda bisa menghasilkan uang dari TikTok walau berstatus pemula.

TikTok kini menjadi aplikasi yang populer dari berbagai kalangan dan tak mengenal usia.

Di awal kemunculannya TikTok sempat dicemooh, bahkan aplikasi ini sempat diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika karena dianggap mengandung konten negatif dan meresahkan.

Namun nyatanya kepopuleran TikTok justru semakin meningkat.

Jumlah pengguna aplikasi besutan ByteDance asal China tersebut sudah bisa disandingkan dengan aplikasi media sosial lainnya seperti Twitter, Facebook, dan Instagram.

Yang tak kalah menarik, TikTok juga bisa Anda manfaatkan untuk mendatangkan pundi-pundi uang. Ada beragam cara menghasilkan uang dari TikTok.

Informasi mengenai gaji TikTok dilihat dari jumlah followers (pengikut) kerap dicari oleh konten kreator pemula. Pasalnya, media sosial berbasis video singkat asal Cina ini tidak hanya dijadikan sebagai wadah hiburan, tetapi juga ladang meraup pundi-pundi Rupiah. Bahkan tidak sedikit pengusaha yang memilih memasarkan barang atau jasa melalui aplikasi buatan ByteDance ini.

 

Menjadi salah satu pusat penyedia video viral dari berbagai belahan dunia setiap harinya, banyak kreator yang mulai melirik TikTok untuk meraih cuan. Berbeda halnya dengan YouTube yang menerapkan sistem monetisasi iklan, pendapatan TikToker jauh lebih sulit untuk diperkirakan.

 

Meski begitu, kreator pemula dapat menghitung estimasi jumlah keuntungan yang bakal diperoleh dari banyaknya pengikut. Melansir laman Business Insider, ada beragam cara untuk menerima uang dari TikTok, antara lain fitur monetisasi bawaan hingga bergabung dengan promosi sebuah merek (brand).

 

Syarat Dapat Gaji dari TikTok

 

TikToker Australia yang terkenal merekam kegiatan tidurnya sendiri secara langsung (live streaming) bernama Jakey Boehm, mengaku mengantongi lebih dari US$ 34.000 atau setara Rp 488,6 juta (kurs Rp 14.665) dalam kurun waktu satu bulan dari TikTok Live. Ia juga menjadi salah kreator yang memperkenalkan istilah sleepfluencer (singkatan dari sleep influencer).

 

TikTok sendiri menawarkan alat monetisasi bawaan melalui dana kreator (creator fund), program berbagi pendapatan iklan, fitur tip, fitur berlangganan untuk streamer, dan ‘gift’ virtual yang bisa dikonversi menjadi uang di dunia nyata. Namun, pihak pengembang (developer) aplikasi ini menetapkan sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi oleh kreator, diantaranya:

1. Program Kemitraan Kreator TikTok : TikTok memiliki program kemitraan kreator yang memungkinkan pengguna populer untuk memonetisasi akun mereka melalui berbagai cara, seperti iklan, donasi dari penggemar, dan penjualan produk.

2. TikTok Creator Fund : TikTok juga mengoperasikan Creator Fund, yang membayar para kreator berdasarkan kinerja video mereka dan jumlah tayangan yang diterima.

3. Sponsorship dan Endorsement : Para kreator TikTok yang populer juga dapat menghasilkan uang dari sponsor dan endorsement dengan merek atau perusahaan yang tertarik untuk beriklan atau berkolaborasi dengan mereka.

4. Live Streaming : Pengguna juga dapat menghasilkan uang dari fitur Live Streaming TikTok dengan menerima donasi dari penggemar yang menonton siaran langsung mereka.

 

Penting untuk diingat bahwa tidak semua pengguna TikTok menghasilkan uang, dan menjadi seorang kreator sukses memerlukan konsistensi, kreativitas, dan kerja keras. Penghasilan dari TikTok dapat bervariasi dari beberapa ratus dolar hingga ribuan dolar atau lebih, tergantung pada tingkat kesuksesan dan popularitas akun. Dengan demikian, gaji TikTok dilihat dari jumlah followers tidak dapat dipastikan dengan jelas. Karena sejumlah kreator mengaku memperoleh penghasilan yang berbeda tergantung banyaknya jumlah tayangan hingga kontrak kerja sama dengan merek.

Kategori :