Menilik Sejarah di Gedung Sate Bandung Beserta Fakta-Fakta Menariknya, Nomor 3 Bikin Kaget!

Sabtu 29-07-2023,21:41 WIB
Reporter : Penta Daniel Pratama
Editor : Penta Daniel Pratama

Sementara itu, pada dinding fasade depan Gedung Sate terdapat ornamen berciri tradisional, seperti pada bangunan candi-candi Hindu. Sedangkan di tengah-tengah bangunan induk Gedung Sate, tegak berdiri menara dengan atap bersusun atau disebut "tumpang", seperti Meru di Bali atau atap Pagoda.

3. Terdapat Tugu Serangan Ghurka

Dalam masa perang kemerdekaan, Gedung Sate memiliki nilai sejarah. Pada tanggal 3 Desember 1945, tujuh orang pemuda pejuang yang mempertahankan bangunan tersebut gugur melawan Pasukan Ghurka yang datang menyerang. 

Kini sebuah monumen peringatan bagi pahlawan yang gugur itu berdiri tegak di depan Gedung sate. Monumen tersebut adalah Tugu Serangan Ghurka.

4. Tahan Gempa

Pembangunan Gedung Sate dipimpin oleh arsitek berkebangsaan Belanda, Ir. J. Gerber. 

Gedung Sate dirancang dengan menggunakan banyak persendian. Karenanya, gedung ini dapat tahan gempa hingga 9 SR. Tidak mengherankan, ya, kalau bangunan ini tetap kokoh hingga saat ini.

5. Asal-Usul Nama Gedung Sate

Terakhir, tentu kamu penasaran kenapa gedung ini dinamakan Gedung Sate. Tentu bukan karena kamu bisa menemukan banyak penjual sate di tempat ini, ya. 

Penamaan tersebut berkaitan dengan struktur bangunan di Gedung Sate. Mengutip laman resmi Gedung Sate, bagian atas yang menjulang menyerupai tusukan sate akhirnya membuat gedung ini sangat populer di masyarakat dan tercetus nama "Gedung Sate". 

 

Sejak 1980, Gedung Sate Bandung ini disebut juga sebagai Kantor Gubernur karena menjadi pusat pemerintahan Provinsi Jawa Barat. Pada tahun 1977, dibangun gedung baru yang masih bergaya ala Gedung Sate yang digunakan khusus bagi Pimpinan dan Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat untuk bertugas dan menjalankan fungisnya. Hingga saat ini Gedung Sate tak pernah sepi pengunjung, baik wisatawan dari dalam atau luar negeri pasti menyempatkan diri datang ke gedung ini saat berada di Bandung.

Kategori :