6 Cara Duduk yang Benar Agar Mengurangi Sakit Punggung, No 1 Sering diabaikan

Kamis 27-07-2023,09:19 WIB
Reporter : Ilwan Qodri Ramadhan
Editor : Ilwan Qodri Ramadhan

Disway Jogja - Kerja kantoran adalah jenis pekerjaan yang dilakukan di dalam lingkup kantor atau ruang kerja, yang biasanya berada di gedung atau tempat yang khusus untuk kegiatan administratif, manajerial, atau operasional sebuah organisasi atau perusahaan.

 

Dalam hal ini, seorang pekerja kantoran biasanya memakan waktu lama untuk berada pada satu tempat dengan duduk dan melihat ke arah komputer atau laptop.

 

Kebiasaan duduk terlalu lama atau postur tubuh yang salah saat duduk dapat menyebabkan berbagai macam penyakit. Salah satunya adalah nyeri punggung. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, Coba lakukan hal-hal yang ada pada artikel ini

 

Postur tubuh duduk memberi banyak tekanan pada otot-otot punggung, bahu, leher, dan tulang belakang. Jika posisi tubuh saat duduk terpeleset atau bungkuk, maka tekanan pada bagian tubuh tersebut akan semakin kuat. Postur duduk yang benar mengurangi risiko sakit punggung

 

Seiring berjalannya waktu, kebiasaan ini bisa menimbulkan banyak keluhan. Nyeri punggung adalah masalah yang sering terjadi pada seorang pekerja kantoran.

 

Untuk mencegah postur duduk yang buruk menyebabkan nyeri punggung dan nyeri pada bagian tubuh lainnya, coba amati apakah postur duduk Anda sudah benar atau belum. Berikut adalah beberapa postur duduk yang benar untuk mencegah sakit punggung:

 

 

1. Penyesuaian ketinggian kursi

Sesuaikan tinggi kursi sehingga lengan Anda membentuk huruf L dan siku berada di samping tubuh. Posisi ini memungkinkan pergelangan tangan dan lengan Anda lurus dan sejajar dengan tanah saat mengetik. Cedera tangan atau lengan dapat dihindari.

 

2. Dukungan punggung

Pilih kursi yang menawarkan penyangga punggung yang baik atau coba letakkan bantal atau handuk yang digulung di bawah punggung saat Anda duduk.

 

3. Perhatikan posisi tubuh bagian atas

Duduklah dengan punggung lurus, bahu ke belakang dan bokong menyentuh bagian belakang kursi. Jaga agar leher dan kepala Anda tetap lurus tetapi nyaman. Juga, turunkan sedikit dagu Anda dan jaga agar bahu Anda tetap rileks.

 

 BACA JUGA:Jangan diabaikan ! Kamu Wajib Tau 9 Penyebab Pergelangan Tangan Nyeri, No 7 Sudah Menjadi Kebiasaan Orang

 

4. Perhatikan posisi tubuh bagian bawah

Letakkan lutut Anda sehingga sejajar dengan pinggul Anda. Gunakan sandaran kaki jika Anda merasa perlu. Selain itu, hindari menyilangkan kaki saat duduk di kursi karena dapat menyebabkan sakit punggung.

 

5. Kaki rata di lantai

Tempatkan kaki Anda sampai menyentuh tanah. Alternatifnya, gunakan pijakan atau bangku kecil agar kaki Anda bisa berjalan dengan nyaman. 6. Sesuaikan posisi tubuh dengan komputer

 

Jika Anda sering bekerja di depan komputer, usahakan agar layar sejajar dengan mata. Jika terlalu tinggi atau terlalu rendah, Anda perlu menekuk leher. Itu bisa melukai lehermu.

 

Jika Anda menggunakan mouse komputer, pastikan untuk menggunakan touchpad dengan bantalan pergelangan tangan. Tujuannya agar pergelangan tangan tidak tertekuk dengan tidak nyaman.

 

6. Jangan duduk terlalu lama

Jika postur duduk yang benar telah diterapkan, cobalah untuk tidak duduk dalam posisi yang sama selama lebih dari 30 menit. Ubah posisi sesering mungkin.

 

Juga, sering-seringlah beristirahat dan melakukan peregangan atau peregangan, betapapun jangka pendeknya. Ini bagus untuk kesehatan punggung karena dapat meredakan ketegangan otot dan nyeri.

 

Ingatlah bahwa duduk terlalu lama, terutama jika Anda duduk dengan posisi yang salah, dapat meningkatkan risiko kekakuan dan kelemahan pada kaki, nyeri punggung dan pinggul, bahu dan leher kaku, saraf terjepit, obesitas, varises, jantung. penyakit, diabetes dan depresi.

 

Beberapa penelitian bahkan menemukan bahwa duduk terlalu lama dan tidak banyak bergerak dapat meningkatkan risiko Anda terkena skoliosis dan penyakit jantung.

 

Nah, mulai sekarang, perhatikan setiap posisi duduk dan berlatihlah menjaga postur duduk yang benar. Ingatlah untuk selalu melakukan peregangan sejenak untuk menghindari cedera dan penyakit yang tidak diinginkan. (*)

Kategori :