7 Makanan Sederhana Penyelamat untuk Pencernaan! Kamu Wajib Tahu!

Sabtu 22-07-2023,23:37 WIB
Reporter : Fizar
Editor : Fizar

DISWAY JOGJA - Seiring dengan gaya hidup yang serba cepat dan pola makan yang tidak teratur, sering kali kita mengabaikan perhatian terhadap kesehatan pencernaan. Padahal, menjaga pencernaan yang sehat sangat penting untuk menjaga kesejahteraan tubuh secara keseluruhan. Pencernaan yang baik tidak hanya akan membantu proses penyerapan zat-zat gizi, tetapi juga menghindarkan kita dari masalah pencernaan seperti sembelit, diare atau masalah perut lainnya.

Mengonsumsi makanan sederhana yang sehat dapat menjadi langkah awal yang baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Berikut ini adalah beberapa makanan sederhana yang bisa kita perhatikan dan masukkan ke dalam pola makan harian kita:

  1. Serat
    Serat merupakan bahan ajaib yang tidak pernah gagal dalam menjaga pencernaan kita tetap lancar. Serat dapat membantu meningkatkan gerakan usus dan mencegah sembelit. Beberapa makanan yang kaya akan serat antara lain buah-buahan seperti apel, pir, dan stroberi serta sayuran seperti brokoli, wortel, atau kacang polong. Selain itu, sumber serat yang lain juga dapat ditemukan pada biji-bijian seperti beras merah, oatmeal atau quinoa.
  2. Air
    Ya, air bukan hanya penting bagi tubuh secara keseluruhan, tetapi juga berperan penting dalam menjaga pencernaan yang sehat. Mengonsumsi cukup air sepanjang hari dapat membantu memperlancar gerakan usus dan mencegah sembelit. Cobalah untuk minum minimal delapan gelas air setiap hari, serta hindari minuman berkafein yang dapat menyebabkan dehidrasi.
  3. Yogurt
    Yogurt mengandung probiotik alami yang baik untuk kesehatan pencernaan. Probiotik adalah bakteri baik yang membantu menjaga keseimbangan bakteri di saluran pencernaan. Konsumsi yogurt secara teratur dapat membantu mencegah diare, meredakan peradangan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Pilihlah yogurt dengan kandungan probiotik yang tinggi dan hindari varian yang mengandung banyak gula tambahan.
  4. Pisang
    Pisang tidak hanya lezat dan mudah dimakan, tetapi juga kaya akan serat dan nutrisi penting untuk kesehatan pencernaan. Pisang mengandung pektin sejenis serat larut yang membantu memperlancar gerakan usus dan mencegah sembelit. Selain itu, pisang juga mengandung kalium vitamin C dan B6 yang penting untuk fungsi normal saluran pencernaan.
  5. Lemak Sehat
    Meskipun lemak sering dihubungkan dengan peningkatan berat badan dan masalah kesehatan, tetapi tubuh kita masih membutuhkan lemak sehat untuk menjaga fungsi tubuh yang baik termasuk pencernaan. Salah satunya adalah lemak tak jenuh tunggal yang terdapat pada alpukat minyak zaitun dan kacang-kacangan seperti kacang almond atau kenari. Lemak tak jenuh tunggal dapat membantu melancarkan proses pencernaan dan penyerapan nutrisi.
  6. Jahe
    Jahe telah dikenal sejak lama sebagai obat alami untuk pencernaan yang tidak baik. Kandungan gingerol dalam jahe memiliki sifat anti-inflamasi dan dapat membantu meredakan masalah pencernaan seperti mual muntah atau perut kembung. Cobalah untuk minum teh jahe hangat atau menambahkan irisan jahe ke dalam makanan atau minuman yang Anda konsumsi.
  7. Cuka Sari Apel
    Cuka sari apel telah populer sebagai salah satu ramuan alami untuk membantu pencernaan yang sehat. Cuka sari apel mengandung asam malat yang dapat membantu meningkatkan produksi enzim pencernaan dan melancarkan gerakan usus. Anda bisa mencoba mencampurkan secangkir air hangat dengan satu hingga dua sendok makan cuka sari apel dan sedikit madu untuk mengurangi rasa asam.

 

Makanan sederhana di atas dapat menjadi pilihan yang baik untuk menjaga kesehatan pencernaan kita. Namun tidak hanya makanan yang kita konsumsi yang penting, tetapi juga cara kita memasak dan mengolahnya. Hindari makanan yang digoreng atau berminyak serta usahakan untuk memasak makanan dengan cara yang mudah dicerna oleh tubuh.

Tidak ada yang lebih berharga daripada kesehatan. Dengan mengonsumsi makanan sederhana yang baik untuk pencernaan, kita dapat menjaga kesehatan kita secara keseluruhan dan menikmati hidup dengan lebih baik. Jadi, mulailah memperhatikan apa yang kita makan dan jadikan makanan sederhana untuk menjaga pencernaan sebagai langkah awal yang baik untuk hidup yang sehat!

Kategori :