Mencicipi Olos: Cemilan Terenak Nomor 1 di Tegal

Sabtu 22-07-2023,11:50 WIB
Reporter : Nisa’a Nurusysyifa
Editor : Nisa’a Nurusysyifa

DISWAYJOGJA.ID - Setalah Tahu Aci, Tegal mempunyai cemilan khas yang tidak kalah enak. Namanya Olos. Cemilan satu ini terbuat dari tepung, yang kemudian dibentuk menyerupai bola dan digoreng hingga matang. Sekilas memang mirip cimol, namun didalamnya terdapat isian cabe rawit dan sayur kol yang telah dibumbui.

Konon, cemilan ini dibuat oleh masyarakat Desa Jatirawa, kecamatan Tarub. Nama Olos sendiri bermula ketika seorang pedagang berjualan Risoles, namun karena kesusahan  menyebut Risoles, anak-anak kecil menamainya oles. Sampai pada akhirnya cemilan ini dinamakan olos hingga sekarang sekarang. 

Berbeda dengan risoles, olos hanya berisikan kol dan cabe rawit. Tidak seperti risoles yang berisian lebih lengkap dengan wortel, tauge, maupun sayuran lain. 

Tekstur Olos sendiri bervariasi, setiap penjual memiliki ciri khas nya masing-masing. Ada yang krispi berukuran kecil dengan tepung tipis, ada pula yang tebal dengan tekstur kenyal berukuran besar. Soal rasa, sekali icip dijamin bikin ketagihan.

Berjalannya waktu, jajanan olos berkembang dengan banyak macam. Tidak hanya kol, sekarang kamu bisa mendapati olos dengan isian ayam, bakso, maupun sosis. Tetapi yang khas dari olos adalah rasanya yang sangat pedas dengan isian kol didalamnya.

BACA JUGA:Cocok diminum Siang Bolong, Ini 4 Minuman Khas Tegal yang Bikin Ketagihan

Ada beberapa penjual legendaris yang terkenal dengan olosnya yang tiada tanding. Bagi kamu yang belum menemukan rekomendasi penjual olos, simak ulasan berikut sampai selesai ya

1. Olos Langon

Seperti namanya, olos ini berada di Desa Langon, Slawi. Memiliki ukuran kecil dengan tekstur renyah sedikit kenyal.

2. Olos Jatirawa

Bentuknya yang terkesan acak-acakan dan agak keras menjadi ciri khas olos asli Jatirawa. Daerah ini merupakan asal mula lahirnya cemilan yang super pedas ini loh.

BACA JUGA:Sayang dilewatkan! Ini Rekomendasi Menu Makan Jika Kamu Seharian di Tegal

3. Olos Mba Yani

Sama halnya Olos Langon, Olos Mba Yani ini memiliki ukuran yang cenderung kecil. Dijual dengan harga 200 rupiah per biji, membuat Olos ini laris terjual setiap hari. Terlebih karna rasa pedasnya yang bikin ketagihan.

4. Olos Mba Ruroh

 

Selain 4 warung diatas, masih banyak rekomendasi pedagang lain yang berjualan olos dengan rasa yang enak. Baik di kabupaten maupun Tegal Kota.

Namun sayangnya jajanan ini belum terlalu banyak ditemukan di luar Kota Tegal. Namun kamu bisa memesan olos setengah matang guna dibawa sebagai oleh-oleh untuk teman terdekat.

 

Kategori :

Terkait