Jogja dan Ragam Kulinernya, Cita Rasa yang Kaya di Kota Istimewa

Jumat 21-07-2023,23:30 WIB
Reporter : M. Lutfi
Editor : M. Lutfi

DISWAY JOGJA - Jogja, sebuah kota yang memiliki berbagai macam kuliner, baik kuliner khas dari Kota Jogja itu sendiri maupun kuliner lain seperti beragam makanan yang sedang viral. Keanekaragaman kulinernya menarik perhatian wisatawan untuk berkunjung dan mencicipi berbagai makanan yang menarik dan unik yang ada di Jogja. 

Dari hidangan lezat yang menggugah selera hingga restoran yang menawarkan ambience yang baik, serta keunikan setiap hidangannya, membawa kita lebih dekat dengan dunia kuliner yang kaya. 

Sebagai penikmat dan pecinta kuliner, saya dan teman saya memutuskan untuk mendatangi beberapa tempat makan yang menarik perhatian kami dikarenakan selain tempat-tempat ini juga viral, dikatakan bahwa makanan yang disajikan pada setiap tempat makan tersebut memiliki cita rasa khasnya tersendiri.

1. Sushi Tei

Tempat pertama yang kami kunjungi adalah Sushi Tei. Kami berkunjung ke Sushi Tei. Saat itu kami bingung untuk memilih sushi dikarenakan menu yang ditawarkan benar-benar sangat banyak. Akhirnya kami meminta pelayan untuk merekomendasikan kami sushi mentai best seller di Sushi Tei.

Penyajian makanannya tampak aesthetic dan memiliki vibes yang oriental. Setelah berhasil mengambil foto makanan untuk diabadikan, kami berdua pun tak sabar untuk mencicipinya. Satu gigitan sushi akhirnya berhasil masuk ke dalam mulut kami.

Rasa mentai yang kuat dan rasa tunanya yang medium cooked dipadukan dengan nori dan nasi membuat cita rasa dari sushi ini sangat cocok dan pas dilidah. Kemudian kami mencicipi tempura, yang bahan dasarnya adalah udang. Perpaduan teksturnya yang crispy dan rasanya yang gurih, membuat tempura sangat cocok dinikmati sebagai side dish setelah menikmati main course yaitu sushi.

2. Downtown

Tempat selanjutnya yang kami kunjungi yaitu Downtown yang berada di Jalan Kaliurang. Kami berkunjung ke sana. Kami memutuskan untuk makan malam di Downtown karena mengetahui tempatnya yang sangat aesthetic dan viral di TikTok.

Menu makanan sangat beragam dan kami akhirnya memutuskan untuk memesan crazy rice dan tomyum, serta jus stroberi dan teh tawar untuk minuman kami. Crazy rice sendiri adalah nasi goreng dan tomyum adalah sup dengan kuah rasa tomat yang pekat dipadu dengan isian jamur shitake, udang, bihun dengan ukuran lebar, tomat, bakso, dan pakcoy. 

3. Giorno’s Pizzeria

Terletak di seberang Mall Amplaz, tepatnya agak masuk ke gang. Restoran ini cukup unik, memiliki desain yang simpel tapi mewah, dan sangat kental dengan Italian vibesnya.

menu best seller di restoran tersebut dan pelayan menyarankan kami untuk memesan beberapa makanan Itali yang ada di menu dengan bertanda mahkota. Kami pun memesan spaghetti aglio olio dan pasta carbonara dengan minuman kami yaitu smoothies blueberry dan teh tawar.

 

Pasta carbonara memiliki rasa yang cukup gurih dikarenakan perpaduan dengan keju dan bacon, membuat cita rasa pastanya sangat kaya. Untuk spaghetti aglio olio menurut saya agak hambar dan sedikit pedas. Untuk smoothiesnya sendiri rasa manisnya sangat pas untuk dinikmati.

4. Mie Doyok Gejayan

Mie Doyok Gejayan karena viral di TikTok. Tempatnya kecil namun sangat ramai dengan pembeli.

Saya memesan mie keriting dan teman saya memesan kwetiaw, serta pangsit sebagai side dish, dan untuk minuman kami memesan teh tarik.

Tak lama menunggu, mie pun dihidangkan. Mie nya bertekstur lembut dengan rasa pedas oily dan gurih. Yang membedakan mie kami berdua yaitu hanya pada jenis mie nya yaitu kwetiaw dan mie biasa, sedangkan untuk rasanya sama.

Sedangkan untuk teh tarik menurut saya sangat kurang manis, tapi untuk teman saya yang kurang menyukai manis menurutnya tingkat kemanisan teh nya sudah cukup.

5. Gudeg Yu Djum

tempat terakhir yang kami datangi yaitu Gudeg Yu Djum yang menjual makanan khas Daerah Yogyakarta. Untuk makananya hanya tersedia nasi gudeg krecek ayam suwir, dada, dan telur.

Rasa dari gudegnya sendiri sangat pas, manis tapi tidak over, kreceknya pedas gurih, dan ayam suwirnya tentunya manis. Bumbu dari ayamnya sangat berasa dengan rempah-rempahnya. Kami pun akhirnya menghabiskan hidangan kami dengan puas dan dilanjutkan dengan berjalan-jalan mengelilingi Malioboro.

Dalam perjalanan kuliner yang telah saya lakukan, saya telah menjelajahi berbagai rasa dan pengalaman yang tak terlupakan yang dimulai dari hidangan yang menggugah selera hingga view dari restoran yang unik dan menarik.

Beberapa kuliner yang telah saya cicipi dihidangkan dengan sangat kreatif dan mengikuti perkembangan zaman, serta memiliki cita rasa masing- masing di setiap hidangannya baik kuliner lokal maupun internasional.

Kategori :